Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1882 (Softcopy SK-1364)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh augmented reality terhadap niat membeli produk kosmetik di Indonesia
Author Nindya Savirahandayani;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonsia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1882 (Softcopy SK-1364) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48827
ABSTRAK Nama Program Studi Judul Pembimbing : Nindya Savirahandayani : Sistem Informasi : Analisis Pengaruh Augmented Reality pada Niat Membeli Produk Kosmetik di Indonesia : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom dan Hafizh Rafizal Adnan, S.Kom., M.Kom Augmented Reality adalah media yang membawa informasi digital ke dalam dunia nyata. Di Indonesia, Augmented Reality mulai dikembangkan di bidang e-commerce, khususnya kosmetik. Penggunaan Augmented Reality di bidang kosmetik dilakukan untuk memberikan pengalaman mencoba kosmetik secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan Augmented Reality terhadap niat membeli kosmetik. Penelitian ini menggunakan kerangka SOR framework (Stimulus Organism Respons) dengan teori affordance sebagai stimulus, teori PAD (Pleasure, Arousal dan Dominance) sebagai organism dan purchase intention sebagai respons. Penelitian ini juga menganalisis efek moderasi motivasi hedonisme terhadap hubungan stimulus dengan organism. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Data dari 353 responden diolah dengan metode CB-SEM. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara hubungan stimulus (interactivity dan vividness) kepada organism (pleasure, arousal dan dominance). Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh positif arousal dan dominance terhadap purchase intention, namun tidak ditemukan pengaruh antara pleasure dengan purchase intention. Penelitian juga mengungkapkan bahwa motivasi hedonisme memoderasi hubungan interactivity dengan pleasure dan dominance dan hubungan vividness dengan pleasure. Penelitian ini memberikan implikasi kepada pengembang AR dan pemilik produk untuk meningkatkan kualitas AR pada aspek interactivity dan vividness dan menambahkan aspek hedonisme dari Augmented Reality. Kata Kunci: Augmented Reality, interactivity, vividness, emosi, intensi, kosmetik