Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1897 (Softcopy SK-1379)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan dan Evaluasi Aplikasi Personalisasi E-Learning Berdasarkan Gaya Belajar Felder-Silverman
Author Ariq Naufal Satria;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1897 (Softcopy SK-1379) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48938
ABSTRAK Nama : Ariq Naufal Satria Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan dan Evaluasi Aplikasi Personalisasi E-Learning Berdasarkan Gaya Belajar Felder-Silverman. Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. & Dr. Drs R. Yugo Kartono Isal, M.sc. Perkembangan teknologi pada bidang pendidikan mendorong terciptanya berbagai inovasi baru seperti e-Learning. Adanya e-Learning memberikan berbagai kemudahan baru dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi yang muncul adalah e-Learning yang mampu menyediakan fasilitas personalisasi bagi penggunanya. Berbagai penelitian telah mencoba membahas pengembangan e-Learning dengan personalisasi. Sayangnya secara umum penelitian yang dilakukan hanya terbatas sampai pada tahap pengembangan desain interaksi. Belum banyak penelitian yang membahas pengembangan sampai pada tahap implementasi aplikasi. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini membahas lebih lanjut pengembangan aplikasi e-Learning yang melakukan personalisasi berdasarkan gaya belajar Felder-Silverman. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design dalam implementasinya. Aplikasi yang dikembangkan mengacu kepada desain interaksi penelitian sebelumnya, studi demografi pengguna, dan wawancara eksplorasi pengguna. Aplikasi kemudian dievaluasi oleh partisipan penelitian pada tahap usability testing. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi yang dikembangan telah mendapatkan hasil usability yang baik dari pengguna. Penelitian ini juga mengusulkan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi personalisasi e-Learning ke depannya. Kata kunci: e-Learning, Gaya Belajar Felder-Silverman, Pengembangan Aplikasi, User-Centered Design.