Tidak ada review pada koleksi ini: 49033
ABSTRAK
Nama : Faiz Fadhillah Soemawilaga
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Rancangan Integrasi Fitur Social Commerce pada Instagram
Shopping dan Dampaknya terhadap Niat Membeli Pengguna
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S. Kom., M. Kom & Annisa
Monicha Sari, S. Kom., M. Kom.
Banyak pengguna Instagram yang mengomentari usability berbelanja pada Instagram
sendiri dikarenakan proses pemesanan harus dilakukan diluar aplikasi. Instagram,
memperkenalkan layanan social commerce dedikasi mereka yaitu Instagram Shopping
untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Namun, Instagram Shopping dinilai
bertentangan dengan social commerce construct (SCC) dan memiliki usability yang
kurang baik.
Aspek SCC sulit ditemukan pada Instagram Shopping yang ditemukan dapat membantu
memberikan informasi lebih jelas kepada pengguna untuk keputusan pembelian,
meningkatkan interaksi sosial, dan meningkatkan usability pengguna. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang fitur social commerce pada Instagram Shopping, serta
menganalisis dampak dari rancangan baru tersebut terhadap niat membeli pengguna.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Science Research Methodology
(DSRM) dan menghasilkan prototipe Instagram Shopping dengan mengadopsi SCC,
serta Technology Acceptance Model (TAM) untuk menjelaskan adopsi sebuah teknologi
informasi. Hasil diolah menggunakan thematic analysis, metode ANOVA, serta analisis
mediasi dengan aplikasi SPSS.
Hasil dari rancangan baru yang dibuat menunjukkan bahwa SCC yaitu fitur rating &
review secara signifikan menghasilkan niat membeli lebih tinggi daripada ketika tidak
terdapat fitur rating & review. Selain itu, perkembangan variabel TAM (perceived ease
of use, perceived usefulness, dan perceived enjoyment) ditemukan memediasi sempurna
hubungan fitur rating & review dengan niat berbelanja pengguna.
Kata kunci:
Analisis mediasi, ANOVA, Instagram Shopping, niat berbelanja, perceived ease of use,
perceived enjoyment, perceived usefulness, rating & review, social commerce construct,
TA