Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1916 (Softcopy SK-1398)
Collection Type Skripsi
Title Rancangan Integrasi Fitur Social Commerce pada Instagram Shopping dan Dampaknya terhadap Niat Membeli Pengguna
Author Faiz Fadhillah Soemawilaga;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1916 (Softcopy SK-1398) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49033
ABSTRAK Nama : Faiz Fadhillah Soemawilaga Program Studi : Sistem Informasi Judul : Rancangan Integrasi Fitur Social Commerce pada Instagram Shopping dan Dampaknya terhadap Niat Membeli Pengguna Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S. Kom., M. Kom & Annisa Monicha Sari, S. Kom., M. Kom. Banyak pengguna Instagram yang mengomentari usability berbelanja pada Instagram sendiri dikarenakan proses pemesanan harus dilakukan diluar aplikasi. Instagram, memperkenalkan layanan social commerce dedikasi mereka yaitu Instagram Shopping untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Namun, Instagram Shopping dinilai bertentangan dengan social commerce construct (SCC) dan memiliki usability yang kurang baik. Aspek SCC sulit ditemukan pada Instagram Shopping yang ditemukan dapat membantu memberikan informasi lebih jelas kepada pengguna untuk keputusan pembelian, meningkatkan interaksi sosial, dan meningkatkan usability pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang fitur social commerce pada Instagram Shopping, serta menganalisis dampak dari rancangan baru tersebut terhadap niat membeli pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Science Research Methodology (DSRM) dan menghasilkan prototipe Instagram Shopping dengan mengadopsi SCC, serta Technology Acceptance Model (TAM) untuk menjelaskan adopsi sebuah teknologi informasi. Hasil diolah menggunakan thematic analysis, metode ANOVA, serta analisis mediasi dengan aplikasi SPSS. Hasil dari rancangan baru yang dibuat menunjukkan bahwa SCC yaitu fitur rating & review secara signifikan menghasilkan niat membeli lebih tinggi daripada ketika tidak terdapat fitur rating & review. Selain itu, perkembangan variabel TAM (perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived enjoyment) ditemukan memediasi sempurna hubungan fitur rating & review dengan niat berbelanja pengguna. Kata kunci: Analisis mediasi, ANOVA, Instagram Shopping, niat berbelanja, perceived ease of use, perceived enjoyment, perceived usefulness, rating & review, social commerce construct, TA