Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1933 (Softcopy SK-1415)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Desain Instruksional dan Desain Antarmuka Aplikasi Berbasis Web Kursus Pemrograman: Studi Kasus Skydu Academy
Author Rosa Nur Rizky F. T;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1933 (Softcopy SK-1415) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49076
ABSTRAK Nama : Rosa Nur Rizky F.T. Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Desain Instruksional dan Desain Antarmuka Aplikasi Berbasis Web Kursus Pemrograman: Studi Kasus Skydu Academy Adanya kursus pemrograman daring diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi orang-orang yang memiliki minat terhadap pemrograman sehingga bisa memenuhi kebutuhan ahli di sektor digital terutama programmer yang saat ini jumlah antara kebutuhan dan permintaan masih tidak sebanding. Meskipun banyak orang yang memiliki minat pemrograman dan kursus pemrograman daring sudah mulai menjamur, masih ditemukan berbagai kendala seperti kesulitan dalam memahami materi pemrograman. Tujuan dari penelitian ini ialah merumuskan kebutuhan untuk menerapkan desain instruksional dan mengembangkan desain antarmuka bagi sasaran utama penelitian ini serta berdasarkan hasil analisis dan rancangan umum yang telah ditentukan dengan studi kasus Skydu Academy. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Dilakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data kualitatif dan pelaksanaan evaluasi usability testing untuk mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, dilakukan juga analisis terhadap prinsip-pULQVLSGDUL*DJQH¶V 1LQH(YHQWV RI ,QVWUXFWLRQ&KLFNHULQJ DQG*DPVRQ¶V6HYHQ3ULQFLSOHV RI*RRG Practice in Online Teaching, dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil menunjukkan bahwa evaluasi usability testing dari segi kuantitatif memiliki task success rate sebanyak 93.32% dan dari segi kualitatif mayoritas partisipan menyatakan ekspektasi belajar pemrograman menggunakan aplikasi ini sudah terpenuhi. Kata kunci: Kursus pemrograman daring, desain instruksional, desain antarmuka