Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1932 (Softcopy SK-1414)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi Desain Interaksi pada Aplikasi E-Learning Pembelajaran Pemrograman Studi Kasus Codecademy, W3Schools, dan Coursera
Author Firriyal Bin Yahya;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1932 (Softcopy SK-1414) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49077
ABSTRAK Nama : Firriyal Bin Yahya Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Evaluasi Desain Interaksi pada Aplikasi E-Learning Pembelajaran Pemrograman Studi Kasus Codecademy, W3Schools, dan Coursera Zaman sekarang banyak orang yang memiliki minat di bidang pemrograman. Adanya perkembangan aplikasi-aplikasi kursus online atau e-learning saat ini membuat mereka beramai-ramai mencari ilmu disana. Meskipun begitu, masih banyak pula ditemukan orangorang yang memiliki berbagai kendala dan kesulitan dalam memahami materi pemrograman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meninjau desain interaksi aplikasi e-learning di bidang pemrograman studi kasus Codecademy, W3Schools, dan Coursera dan mengetahui pengaruhnya terhadap pembelajaran pemrograman mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Dilakukan pelaksanaan kuesioner daring untuk mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif serta usability testing untuk mendapatkan data kualitatif. Selain itu, pada penelitian ini diterapkan prinsip-prinsip dari Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil menunjukkan bahwa dari segi kuantitatif perhitungan SUS, Codecademy dan W3Schools berada pada rentang “OK” dan Coursera berada pada rentang “GOOD”. Tetapi hasil dari segi kualitatif masih perlu dilakukan perbaikan untuk ketiga aplikasi tersebut. Kata kunci: e-learning, pemrograman, eight golden rules, codecademy, w3schools, coursera, SUS, desain interaksi