Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1585 (Softcopy KA-1695 MAK KA-1341
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Perancangan Service Desk Manajemen Layanan Teknologi Informasi berdasarkan Kerangka Kerja ITIL 4: Studi Kasus Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kepolisian Negara Republik Indonesia
Author Ari Wibowo;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2022
Subject Service desk
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1585 (Softcopy KA-1695 MAK KA-1341 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49118
ABSTRAK

Nama : Ari Wibowo Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Perancangan Service Desk Manajemen Layanan Teknologi Informasi berdasarkan Kerangka Kerja ITIL 4: Studi Kasus Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kepolisian Negara Republik Indonesia Pembimbing : Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada sektor pemerintahan mendorong penyediaan layanan TIK yang semakin berkualitas sehingga diharapkan kinerja semakin efektif dan efisien. Berdasarkan wawancara dan observasi kondisi saat ini diketahui bahwa Div TIK Polri belum mempunyai struktur service desk untuk menangani insiden, pelaporan gangguan serta permintaan layanan dari pengguna TIK. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dibuat rancangan desain service desk yang sesuai dengan kebutuhan organisasi Div TIK Polri. Penelitian ini diawali dengan kegiatan wawancara, observasi dan studi literatur dokumen organisasi dilakukan untuk mengetahui kondisi saat ini terkait implementasi manajemen layanan teknologi informasi sehingga diperoleh kebutuhan rancangan service desk yang sesuai. Langkah selanjutnya dengan melakukan pemetaan rancangan service desk, dengan menggunakan kerangka kerja ITIL 4, berpedoman pada kebijakan dan prosedur yakni MPTIK Polri dan dokumen Tata Kelola TIK Polri serta model dan komponen service desk yang akan menghasilkan draft rancangan service desk. Tahap selanjutnya menguji rancangan yang telah dibuat dengan triangulasi yakni meminta pendapat dari pakar/ahli ITSM, wawancara dengan stakeholder serta studi literatur. Melakukan validasi rancangan service desk untuk menghasilkan rancangan yang akan dijadikan rekomendasi rancangan desain service desk yang tepat untuk Div TIK Polri sehingga meningkatkan layanan TIK kepada pengguna. Kata kunci: Div TIK Polri, ITIL, manajemen layanan teknologi informasi, Service Desk.