Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1951 (Softcopy SK-1433)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Adiksi Pada Augmented Reality Face Filter Di Aplikasi Social Network Dan Dampaknya Terhadap Online Social Anxiety
Author Muhammad Alfi Syakir; Shafira Ayu Maharani; Yobelio Ekaharja Putra;
Publisher Depok : Fasilkom UI, 2022
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1951 (Softcopy SK-1433) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49241
ABSTRAK Nama : Muhammad Alfi Syakir, Shafira Ayu Maharani, Yobelio Ekaharja Putra Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Adiksi pada Augmented Reality Face Filter di Aplikasi Social Network dan Dampaknya terhadap Online Social Anxiety Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Sali Rahadi Asih, M.Psi., MGPCC, Ph.D., Psikolog Pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi COVID-19 menyebabkan masyarakat merasa jenuh berada di rumah saja. Masyarakat mengatasi rasa jenuh tersebut dengan menggunakan aplikasi social network yang memiliki berbagai fitur, salah satunya filter wajah berbasis AR. Akan tetapi, pola penggunaan filter wajah yang berlebihan dapat memicu perilaku adiksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi adiksi pengguna pada Augmented Reality (AR) face filter di aplikasi social network dan dampaknya terhadap online social anxiety. Penelitian ini menggabungkan teori Big Five Model (BFM) sebagai teori yang dapat menjelaskan kepribadian pengguna, serta Sense of Virtual Community (SOVC) sebagai teori yang menjelaskan interaksi antarindividu menggunakan bantuan TI. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan framework Stimuli, Organism, Response (SOR) dalam menyusun kerangka model penelitian. Penelitian ini dilakukan terhadap 903 responden yang merupakan masyarakat Indonesia dan pernah menggunakan fitur filter wajah AR minimal sekali. Data tersebut dikelompokkan menjadi tiga kelompok uji, yakni keseluruhan, pengguna baru dan pengguna lama. Pengelompokkan ini dilakukan untuk membantu analisis data dan mengetahui serta membandingkan perbedaan pengaruh dari faktor-faktor di setiap kelompok. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Covariance-based Structural Equation Model dengan bantuan program AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antara neuroticism, membership, dan immersion terhadap AR face filter addiction pada keseluruhan kelompok uji. Selain itu, AR face filter addiction juga berpengaruh signifikan terhadap online social anxiety. Temuan dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi penyedia layanan aplikasi serta kreator AR dalam meningkatkan layanan mereka. Selain itu, pengguna filter juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran diri dalam menggunakan filter wajah agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan. Kata kunci: Aplikasi jejaring sosial, augmented reality face filter, addiction, online social anxiety, big five model, sense of virtual community, Indonesia