Pengarang |
Evando Wihalim; Muzaki Azami Khairevy; |
Pembimbing |
Gladhi Guarddin |
Kata Kunci |
Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic Speech Recognition, Google Speech-to-Text. |
Tahun buku |
2022 |
Barcode RFID baru |
11782550 |
Tahun Angkatan |
2018 |
Progam Studi |
Ilmu Komputer |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
28/07/2022 |
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK
Nama : Evando Wihalim dan Muzaki Azami Khairevy
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : PENGEMBANGAN PLUGIN PLATFORM MOOC UNTUK
PEMBANGKIT SUBTITLE VIDEO PEMELAJARAN, STUDI
KASUS SCELE FASILKOM UI
Pembimbing : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. dan Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc.
Dengan berkembangnya pengetahuan di bidang teknologi, kegiatan belajar
mengajar tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar ini
dapat didukung dengan memanfaatkan suatu learning management system (LMS)
berbasis web. LMS biasanya mampu untuk menyimpan video pemelajaran baik itu
rekaman kelas maupun rekaman materi yang disampaikan oleh pengajar. Video
pemelajaran pada LMS ini dapat diakses oleh semua orang termasuk para pelajar
tunarungu. Video pemelajaran biasanya terdiri atas kumpulan gambar dan suara. Suara
ini sulit didengar oleh penyandang tunarungu sehingga mereka mengalami kesulitan
dalam memahami isi video pemelajaran. Untuk melawan keterbatasan pendengaran,
penyandang tunarungu kerap menggunakan komunikasi total dalam keseharian mereka.
Komunikasi total adalah komunikasi yang tidak hanya melibatkan mulut dan telinga
namun juga mata, gerakan bibir, gerakan tangan, dan lain-lain. Untuk menghadirkan
komunikasi total pada video pemelajaran, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengubah
video menjadi gerakan animasi bahasa isyarat. Fasilkom UI telah mengembangkan modul
untuk mengubah teks menjadi animasi bahasa isyarat. Dengan demikian, diperlukan suatu
sistem yang dapat mengubah video menjadi teks. Pada penelitian ini, dikembangkan
sistem pengubah video menjadi teks yang dapat diintegrasikan dengan LMS khususnya
Moodle. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai perbandingan dua model Automatic
Speech Recogniton (ASR), yakni: Google Speech-to-Text dan Wav2Vec2-Large-XLSRIndonesian. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pengembang dapat
membuat sebuah modul aktivitas Moodle yang dapat diintegrasikan dengan LMS Moodle
dan layanan lain di luar LMS. Tak hanya itu, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan
pada penelitian ini, model Google Speech-to-Text terbukti mampu memberikan rata-rata
hasil transkripsi video pemelajaran yang lebih akurat dan lebih cepat daripada model
Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian.
Kata kunci:
Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic
Speech Recognition, Google Speech-to-Text. |
Judul |
Pengembangan Plugin Platform Mooc Untuk Pembangkit Subtitle Video Pemelajaran, Studi Kasus Scele Fasilkom UI |
NPM |
1806205445; 1806205470 |
Abstrak English |
ABSTRACT
Name : Evando Wihalim and Muzaki Azami Khairevy
Study Program : Computer Science
Title : MOOC Platform Plugin Development for Learning Video
Subtitle Generator, Case Study: SCeLE Fasilkom UI
Counsellor : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. & Dr. Ir. Erdefi Rakun,
M.Sc.
With the growth of technology, teaching and learning activities are no longer
limited to classroom. Now teaching and learning activities can be supported by utilizing
Learning Management System (LMS). LMS often have the feature to store recordings,
be it class session recordings or learning materials video. These recordings could be
accessed by anyone, from normal students to students with hearing impairment. These
learning videos are composed of images and sounds. Students with hearing impairment
would have trouble with hearing those sounds. To combat their hearing problems,
students with hearing impairment would use total communication in their everyday lives.
Total communication is a communication that not only involves the mouth and the ears,
but also eyes, lips, hand movements, and so on. To bring this total communication into
the video, a system that could convert the video into sign language animation is needed.
Fasilkom UI have developed a system that could convert text into a sign language
animation. And so, a system that could convert the video into a text. In this research a
system that could convert video into text that could be integrated with LMS, especially
Moodle, will be developed. This research also discusses the comparison between two
Automatic Speech Recognition (ASR) models, one from Google, and one being a
community-developed open-source project. This research managed to develop a Moodle
activity module that could be integrated with the LMS itself and other remote services.
And also, this research founds that, based on our analysis, the Google Speech-to-text
model could give better and faster transcription results of the learning videos compared
to Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian model.
Keywords:
Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic
Speech Recognition, Google Speech-to-Text. |
Penguji 2 |
Muhammad Anwar Ma'sum |
Pembimbing 1 |
Erdefi Rakun |
Fisik |
xviii; 100 hlm; ill; 30 cm |
Bahasa |
Ind |
Penerbitan |
Depok : Fasilkom UI, 2022 |
No. Panggil |
SK-1955 (Softcopy SK-1437) Source code SK-748 |
Penguji 1 |
Panca Oktavia Hadi Putra |