Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Pengarang Evando Wihalim; Muzaki Azami Khairevy;
Pembimbing Gladhi Guarddin
Kata Kunci Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic Speech Recognition, Google Speech-to-Text.
Tahun buku 2022
Barcode RFID baru 11782550
Tahun Angkatan 2018
Progam Studi Ilmu Komputer
Lokasi FASILKOM-UI;
Tanggal Datang 28/07/2022
Abstrak Indonesia ABSTRAK Nama : Evando Wihalim dan Muzaki Azami Khairevy Program Studi : Ilmu Komputer Judul : PENGEMBANGAN PLUGIN PLATFORM MOOC UNTUK PEMBANGKIT SUBTITLE VIDEO PEMELAJARAN, STUDI KASUS SCELE FASILKOM UI Pembimbing : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. dan Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc. Dengan berkembangnya pengetahuan di bidang teknologi, kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar ini dapat didukung dengan memanfaatkan suatu learning management system (LMS) berbasis web. LMS biasanya mampu untuk menyimpan video pemelajaran baik itu rekaman kelas maupun rekaman materi yang disampaikan oleh pengajar. Video pemelajaran pada LMS ini dapat diakses oleh semua orang termasuk para pelajar tunarungu. Video pemelajaran biasanya terdiri atas kumpulan gambar dan suara. Suara ini sulit didengar oleh penyandang tunarungu sehingga mereka mengalami kesulitan dalam memahami isi video pemelajaran. Untuk melawan keterbatasan pendengaran, penyandang tunarungu kerap menggunakan komunikasi total dalam keseharian mereka. Komunikasi total adalah komunikasi yang tidak hanya melibatkan mulut dan telinga namun juga mata, gerakan bibir, gerakan tangan, dan lain-lain. Untuk menghadirkan komunikasi total pada video pemelajaran, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi gerakan animasi bahasa isyarat. Fasilkom UI telah mengembangkan modul untuk mengubah teks menjadi animasi bahasa isyarat. Dengan demikian, diperlukan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi teks. Pada penelitian ini, dikembangkan sistem pengubah video menjadi teks yang dapat diintegrasikan dengan LMS khususnya Moodle. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai perbandingan dua model Automatic Speech Recogniton (ASR), yakni: Google Speech-to-Text dan Wav2Vec2-Large-XLSRIndonesian. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pengembang dapat membuat sebuah modul aktivitas Moodle yang dapat diintegrasikan dengan LMS Moodle dan layanan lain di luar LMS. Tak hanya itu, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, model Google Speech-to-Text terbukti mampu memberikan rata-rata hasil transkripsi video pemelajaran yang lebih akurat dan lebih cepat daripada model Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian. Kata kunci: Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic Speech Recognition, Google Speech-to-Text.
Judul Pengembangan Plugin Platform Mooc Untuk Pembangkit Subtitle Video Pemelajaran, Studi Kasus Scele Fasilkom UI
NPM 1806205445; 1806205470
Abstrak English ABSTRACT Name : Evando Wihalim and Muzaki Azami Khairevy Study Program : Computer Science Title : MOOC Platform Plugin Development for Learning Video Subtitle Generator, Case Study: SCeLE Fasilkom UI Counsellor : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. & Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc. With the growth of technology, teaching and learning activities are no longer limited to classroom. Now teaching and learning activities can be supported by utilizing Learning Management System (LMS). LMS often have the feature to store recordings, be it class session recordings or learning materials video. These recordings could be accessed by anyone, from normal students to students with hearing impairment. These learning videos are composed of images and sounds. Students with hearing impairment would have trouble with hearing those sounds. To combat their hearing problems, students with hearing impairment would use total communication in their everyday lives. Total communication is a communication that not only involves the mouth and the ears, but also eyes, lips, hand movements, and so on. To bring this total communication into the video, a system that could convert the video into sign language animation is needed. Fasilkom UI have developed a system that could convert text into a sign language animation. And so, a system that could convert the video into a text. In this research a system that could convert video into text that could be integrated with LMS, especially Moodle, will be developed. This research also discusses the comparison between two Automatic Speech Recognition (ASR) models, one from Google, and one being a community-developed open-source project. This research managed to develop a Moodle activity module that could be integrated with the LMS itself and other remote services. And also, this research founds that, based on our analysis, the Google Speech-to-text model could give better and faster transcription results of the learning videos compared to Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian model. Keywords: Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic Speech Recognition, Google Speech-to-Text.
Penguji 2 Muhammad Anwar Ma'sum
Pembimbing 1 Erdefi Rakun
Fisik xviii; 100 hlm; ill; 30 cm
Bahasa Ind
Penerbitan Depok : Fasilkom UI, 2022
No. Panggil SK-1955 (Softcopy SK-1437) Source code SK-748
Penguji 1 Panca Oktavia Hadi Putra
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1955 (Softcopy SK-1437) Source code SK-748 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49248
ABSTRAK Nama : Evando Wihalim dan Muzaki Azami Khairevy Program Studi : Ilmu Komputer Judul : PENGEMBANGAN PLUGIN PLATFORM MOOC UNTUK PEMBANGKIT SUBTITLE VIDEO PEMELAJARAN, STUDI KASUS SCELE FASILKOM UI Pembimbing : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. dan Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc. Dengan berkembangnya pengetahuan di bidang teknologi, kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar ini dapat didukung dengan memanfaatkan suatu learning management system (LMS) berbasis web. LMS biasanya mampu untuk menyimpan video pemelajaran baik itu rekaman kelas maupun rekaman materi yang disampaikan oleh pengajar. Video pemelajaran pada LMS ini dapat diakses oleh semua orang termasuk para pelajar tunarungu. Video pemelajaran biasanya terdiri atas kumpulan gambar dan suara. Suara ini sulit didengar oleh penyandang tunarungu sehingga mereka mengalami kesulitan dalam memahami isi video pemelajaran. Untuk melawan keterbatasan pendengaran, penyandang tunarungu kerap menggunakan komunikasi total dalam keseharian mereka. Komunikasi total adalah komunikasi yang tidak hanya melibatkan mulut dan telinga namun juga mata, gerakan bibir, gerakan tangan, dan lain-lain. Untuk menghadirkan komunikasi total pada video pemelajaran, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi gerakan animasi bahasa isyarat. Fasilkom UI telah mengembangkan modul untuk mengubah teks menjadi animasi bahasa isyarat. Dengan demikian, diperlukan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi teks. Pada penelitian ini, dikembangkan sistem pengubah video menjadi teks yang dapat diintegrasikan dengan LMS khususnya Moodle. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai perbandingan dua model Automatic Speech Recogniton (ASR), yakni: Google Speech-to-Text dan Wav2Vec2-Large-XLSRIndonesian. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pengembang dapat membuat sebuah modul aktivitas Moodle yang dapat diintegrasikan dengan LMS Moodle dan layanan lain di luar LMS. Tak hanya itu, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, model Google Speech-to-Text terbukti mampu memberikan rata-rata hasil transkripsi video pemelajaran yang lebih akurat dan lebih cepat daripada model Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian. Kata kunci: Moodle, Learning Management System, Application Programming Interface, Automatic Speech Recognition, Google Speech-to-Text.