Tidak ada review pada koleksi ini: 49376
ABSTRAK
Nama Penulis 1 : Anatasya Dwijayanti Chang
Nama Penulis 2 : Nabila Rizkiandini
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Keberlanjutan
Penggunaan Shopee PayLater, Gojek PayLater, dan Traveloka
PayLater
Pembimbing : Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D & Fathia Prinastiti Sunarso,
S.Kom., M.Sc
Digitalisasi pembayaran yang semakin meningkat menyebabkan sistem pembayaran cashless
semakin banyak digunakan, salah satunya adalah PayLater. Peningkatan penggunaan PayLater
juga disebabkan karena rendahnya penetrasi penggunaan kartu kredit di Indonesia. Penelitian
ini bertujuan mengetahui dan melihat perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi niat
keberlanjutan penggunaan pada Shopee PayLater, Gojek PayLater, dan Traveloka PayLater.
Penelitian ini menggabungkan IS success model, expectation confirmation model (ECM), dan
self-control theory. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method dan
kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui survei online oleh 480 responden
Shopee PayLater dan 198 responden Gojek PayLater dan diolah menggunakan metode partial
least squares SEM (PLS-SEM) dan independent t-test. Sementara itu, pengumpulan data
kualitatif melalui wawancara dilakukan pada masing-masing lima narasumber Shopee
PayLater, Gojek PayLater, dan Traveloka PayLater. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa niat keberlanjutan penggunaan Shopee PayLater dan Gojek PayLater dipengaruhi oleh
satisfaction, individual performance, debt attitude, dan impulsive buying. Selain itu, hasil
penelitian Traveloka PayLater menunjukkan bahwa niat keberlanjutan penggunaan Traveloka
PayLater tergantung oleh kebutuhan, diskon, dan sistem PayLater. Penelitian ini diharapkan
dapat mendukung penelitian sebelumnya dalam konteks yang berbeda dan memberikan
kontribusi bagi Shopee PayLater, Gojek PayLater, dan Traveloka PayLater untuk
mengembangkan layanan mereka.