Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1969 ( Softcopy SK-1451 )
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Aplikasi Game-Based Learning Untuk Mermperkenalkan Konsep Dasar Pemrograman Dengan Menerapkan Teknik Scaffolding
Author Jahns Michael; Primo Giancarlo Uneputty; Reka Paska Enda;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2022
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1969 ( Softcopy SK-1451 ) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49429
ABSTRAK Nama : Jahns Michael, Primo Giancarlo Uneputty, Reka Paska Enda Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Aplikasi Game-Based Learning untuk Memperkenalkan Konsep Dasar Pemrograman dengan Menerapkan Teknik Scaffolding Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Daya Adianto, S.Kom., M.Kom. Memasuki era digitalisasi, pemrograman menjadi kemampuan yang penting untuk dikuasai. Sayangnya, berbagai penelitian menyatakan bahwa pelajar mengalami kesulitan untuk mempelajari konsep dasar pemrograman dikarenakan motivasi yang rendah maupun persepsi yang kurang tepat terhadap pemrograman sebelum menekuni bidang teknologi informasi. Beberapa penelitian mencoba menjawab masalah tersebut dengan melibatkan video game ke dalam pembelajaran. Walaupun penelitian-penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis game memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa, belum ada penelitian yang mengembangkan game yang secara khusus merupakan penerapan dari teori belajar seperti teknik scaffolding yang sudah diterapkan pada pembelajaran pada konvensional. Berangkat dari isu tersebut, di dalam penelitian ini dikembangkan Scaffcode INC., sebuah game pembelajaran untuk memperkenalkan konsep dasar pemrograman kepada pelajar sekolah menengah yang dikembangkan dengan menerapkan teknik scaffolding di dalam elemenelemennya. Penelitian ini membahas proses perancangan dan implementasi game Scaffcode INC. beserta penerapan teknik scaffolding di dalamnya. Selain itu, penelitian ini juga membahas aspek-aspek apa saja yang perlu dievaluasi dan bagaimana hasil evaluasi Scaffcode INC. berdasarkan aspek-aspek tersebut. Penerapan teknik scaffolding diterapkan dalam bentuk keberadaan interaksi sosial melalui dialog, kehadiran nonplayable character sebagai mentor bagi pemain, dan juga susunan materi yang dari materi paling mendasar menuju materi yang lebih kompleks. Scaffcode INC. kemudian dievaluasi dengan metode playtesting dengan model evaluasi MEEGA+. Dari hasil evaluasi tersebut disimpulkan Scaffcode INC. merupakan game yang cukup baik untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada pelajar, namun masih dapat dikembangkan lebih lanjut dari sisi tampilan antarmuka dan tingkat kesulitan tantangan untuk meningkatkan pengalaman belajar dan bermain serta pemahaman yang lebih mendalam.