Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-0188
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Pembangunan sistem parkir terintegrasi pasaranya Grande/ Ferry Aryanto Ilmu Komputer 2001 6/2/2002 1
Author Ferry Aryanto;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Indonesia, 2002
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-0188 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50411
Abstrak Dokumen ini merupakan laporan atas temuan-temuan, kegiatan dan hasil-hasil yang dicapai dalam!pelaksanaan kerja praktek penulis yang bertopik Pembangunan Sistem Parkir Terintegrasi P,~saraya Grande. Sistem parkir merupakan salah satu sistem yang mendukung I kelancaranan! operasional Pasaraya Grande sebagai salah satu pusat perbelanjaan terkemuka diJakarta. Sistem parkir yang baik dapat mendukung terciptanya pelayanan yang memuaskan terhadap pengunjung (konsumen) yang mengunjungi Pasaraya Grande. Akibat berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh sistem parkir yang lama maka Pasaraya Grande merasa memerlukan sistem parkir yang baru, yang dapat memberikan pelayanan yang baik dan dapat mengakomodasi berbagai kebijakan yang akan diterapkan. Atas dasar ~ersebut, penulis membangun sistem parkir terintegrasi Pasaraya Grande yang diharapkan mampu mengatasi pennasalahan sistem yang telah ada. Pe~bangunan sistem parkir terintegrasi dimulai dengan menganalisa permasalahan­ ! permasala~an sistem yang telah ada untuk kemudian merumuskan berbagai hal yang harus dipenuhi ol~h sistem yang akan dibangun. Analisa terhadap sistem yang tetah ada maupun perumusa~ sistem yang baru dilakukan dengan melakukan pemodelan. Model sistem yang akan diba~gUn kemudian dibawa ke tahap desain untuk menspesifikasikan detail fisik sistem I tersebut. Dan hasil desain, penulis melakukan implementasi sistem dengan membangun basis data dan aplikasi sistem. Basis data digunakan untuk men?m~IJng dan mengelola data sistem sedangkan aplikasi (yang terdiri dan aplikasi front office untuk tol parkir dan aplikasi back office untuk administrasi) digunakan sebagai interface antara pengguna dengan sistem. Hasil-hasil yang dicapai dalam pembangunan sistem kemudian diuji coba, baik oleh penulis sebagai pengembang sistem maupun oleh pihak Pasaraya Grande. Setelah melalui berbagai perbaikan, pembangunan sistem dapat diselesaikan dan diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi Pasaraya Grande. Namun demikian, sistem yang telah dibangun masih dapat dikembangkan dengan untuk meningkatkan kegunaan dan kinerjar')Ya. !Pelaksanaan ke~a praktek in; telah memberikan berbagai manfaat bagi penulis ! secar1khUSUS maupun perusahaan secara umum. Manfaat yang didapat penulis antara lain berkai n dengan penerapan berbagai teori dan metode yang didapat dari kuliah dalam pelak naan kerja praktek. Sedangkan bag; perusahaan, manfaat diharapkan bisa diperoleh dari k~beradaan sistem yang baru yang memiliki keunggulan dibanding sistem yang telah ada. i