Call Number | SK-2481 (Softcopy SK-1963) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Pengaruh Penggunaan Menu Digital Berbasis Mobile Terhadap Repurchase Intention Pelanggan Restoran dan Kafe di Indonesia |
Author | Kirene Naomi Kristin Pangaribuan / Gilang Arfadika Hanania; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Mobile-based Digital Menu |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2481 (Softcopy SK-1963) | TERSEDIA |
Nama : Kirene Naomi Kristin P. , Gilang Arfadika Hanania Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Penggunaan Menu Digital Berbasis Mobile pada Repurchase Intention Pelanggan Restoran dan Kafe di Indonesia Pembimbing : Dr. Nabila Clydea Harahap, S.Kom., M.Kom. & Aurora Marsye, S.Kom., M.A., EMBA Pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang penting bagi pemilik restoran atau kafe. Salah satu inovasi dari pelayanan di restoran dan kafe adalah pengimplementasian self-service technology seperti menu digital berbasis mobile yang mengalami peningkatan permintaan secara signifikan di masa pandemi COVID-19. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh persepsi dan pengalaman pelanggan saat menggunakan menu digital berbasis mobile terhadap keinginannya untuk kembali lagi ke restoran atau kafe tersebut. Penelitian ini menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 dan Stimulus-Organism-Response untuk menguraikan persepsi dan pengalaman pelanggan menggunakan menu digital berbasis mobile. Sebanyak 699 responden valid yang memiliki pengalaman menggunakan menu digital berbasis mobile minimal sekali berhasil dikumpulkan untuk pendekatan kuantitatif, dan 30 partisipan diundang untuk menjadi narasumber penelitian pendekatan kualitatif secara daring. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan metode partial least square structural equation model (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4, Google Sheets, dan Python. Sementara itu, data kualitatif dianalisis menggunakan conceptual content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan Performance Expectancy, Effort Expectancy, Habit, Trust, Perceived Risk, dan Desire for Food berpengaruh terhadap Repurchase Intention, serta Menu Informativeness dan Menu Visual Appeal berpengaruh terhadap Desire for Food. Sementara itu, Price-saving orientation tidak memiliki pengaruh terhadap Repurchase Intention. Harapannya, penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang persepsi pelanggan serta dampaknya terhadap retensi pelanggan bagi pemilik usaha restoran dan kafe serta pengembang menu digital berbasis mobile.