Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1616 (Softcopy KA-1602) MAK KA-1253
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Pengguna Learning Management System pada Pembelajaran Online: Studi Kasus Bimbingan Belajar XYZ
Author Sandriyana Kusuma Wardani;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2022
Subject E-Learning
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1616 (Softcopy KA-1602) MAK KA-1253 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50738
ABSTRAK

Pemanfaatan teknologi informasi dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi organisasi. Dalam konteks pendidikan, penggunaan teknologi informasi dapat memberikan keunikan karena meningkatkan pengajaran, pembelajaran, inovasi, dan kreativitas bagi orang dan organisasi. Bimbel sebagai lembaga pendidikan nonformal juga dituntut untuk melakukan transformasi pembelajaran dari yang sebelumnya tatap muka (offline) menjadi online untuk menanggapi perubahan yang terjadi pada pelanggan dan pasar, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19, yaitu dengan menggunakan LMS. Namun, LMS sebagai media untuk pembelajaran online, banyak mendapatkan keluhan dari pengguna. Berdasarkan riset internal yang dilakukan oleh bimbel XYZ terkait kepuasan pengguna dalam pembelajaran online, ternyata indikator untuk kepuasan menggunakan LMS masih rendah sehingga bila hal ini dibiarkan akan berdampak pada reputasi organisasi yang menjadi buruk di mata pelanggan dan dikhawatirkan banyak pelanggan yang beralih ke bimbel yang lain. Oleh karena itu, organisasi perlu melakukan evaluasi agar pelanggan memilih pembelajaran online pada bimbel XYZ dan tentunya secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan pengguna terhadap LMS yang digunakan pada pembelajaran online di bimbel XYZ dengan menggunakan hybrid model, yaitu UTAUT2 dan DeLone & McLean IS Success Model. Penelitian dilakukan dengan mixed method, data dikumpulkan melalui wawancara dari dua narasumber dan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 120 siswa sebagai sampel penelitian. PLS-SEM digunakan sebagai teknik olah data menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam faktor yang memengaruhi penggunaan LMS antara lain effort expectancy, social influence, hedonic motivation, habit, behavioral intention, dan use. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen untuk meningkatkan keunggulan LMS agar minat pengguna pada pembelajaran online di bimbel XYZ semakin bertambah.