Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2004 (Softcopy SK-1486)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor Faktor Yang Memengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Edukasi Di Indonesia
Author Nadia Adilah Rahimullah Sinta Bela Damayanti Aisyah Amyra Izra;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2004 (Softcopy SK-1486) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50781
ABSTRAK Nama : Nadia Adilah Rahimullah, Sinta Bela Damayanti, Aisyah Amyra Izra NPM : 1806185323, 1806147193, 1806235706 Judul : “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Media Sosial TikTok Dalam Edukasi di Indonesia” Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc TikTok telah mengalami peningkatan pengguna selama pandemi, dengan total sebesar 1,2 miliar pengguna aktif pada tahun 2021. Dengan peningkatan pengguna, TikTok juga perlu mempertahankan penggunanya dengan terus berinovasi. Salah satu upaya yang dilakukan TikTok adalah dengan menjawab kebutuhan edukasi melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang memengaruhi keberlanjutan pengguna dalam menggunakan aplikasi TikTok untuk memperoleh konten edukatif. Penelitian ini memodifikasi Expectation-Confirmation Model dengan menambahkan variabel system quality dan information quality dari Information System Success Model, serta menganalisis faktor enjoyment dan interactivity yang berkaitan erat dengan pengalaman menggunakan media sosial. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner secara daring dengan total 629 responden. Kemudian data responden diolah dengan CB-SEM dengan menggunakan AMOS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor confirmation memengaruhi perceived usefulness dan satisfaction; faktor information quality, system quality, dan enjoyment memengaruhi satisfaction faktor interactivity memengaruhi perceived usefulness; faktor perceived usefulness tidak memengaruhi satisfaction, serta faktor perceived usefulness dan faktor satisfaction memengaruhi continuance intention penggunaan aplikasi TikTok untuk edukasi. Penelitian ini menyarankan agar TikTok mengembangkan fungsionalitas serta fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti fitur subtitle, speed adjustment, playlist, perpanjangan durasi konten, serta evaluasi algoritma yang lebih sesuai dengan preferensi konten edukatif pengguna. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan aplikasi TikTok untuk melakukan sosialisasi terkait fitur-fitur yang ada di TikTok agar dapat lebih berguna bagi proses pembelajaran pengguna. Kata kunci: Social Media, E-Learning, Expectation Confirmation Theory, Information System Success Model, Covariance- Based Structural Equation Modelling, Continuance Intention