Tidak ada review pada koleksi ini: 50781
ABSTRAK
Nama : Nadia Adilah Rahimullah, Sinta Bela Damayanti, Aisyah Amyra Izra
NPM : 1806185323, 1806147193, 1806235706
Judul : “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan
Penggunaan Media Sosial TikTok Dalam Edukasi di Indonesia”
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc
TikTok telah mengalami peningkatan pengguna selama pandemi, dengan total sebesar 1,2
miliar pengguna aktif pada tahun 2021. Dengan peningkatan pengguna, TikTok juga perlu
mempertahankan penggunanya dengan terus berinovasi. Salah satu upaya yang dilakukan
TikTok adalah dengan menjawab kebutuhan edukasi melalui media sosial. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang memengaruhi keberlanjutan
pengguna dalam menggunakan aplikasi TikTok untuk memperoleh konten edukatif. Penelitian
ini memodifikasi Expectation-Confirmation Model dengan menambahkan variabel system
quality dan information quality dari Information System Success Model, serta menganalisis
faktor enjoyment dan interactivity yang berkaitan erat dengan pengalaman menggunakan media
sosial. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner secara daring dengan total 629
responden. Kemudian data responden diolah dengan CB-SEM dengan menggunakan AMOS
26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor confirmation memengaruhi perceived
usefulness dan satisfaction; faktor information quality, system quality, dan enjoyment
memengaruhi satisfaction faktor interactivity memengaruhi perceived usefulness; faktor
perceived usefulness tidak memengaruhi satisfaction, serta faktor perceived usefulness dan
faktor satisfaction memengaruhi continuance intention penggunaan aplikasi TikTok untuk
edukasi. Penelitian ini menyarankan agar TikTok mengembangkan fungsionalitas serta fitur
yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti fitur subtitle, speed adjustment, playlist,
perpanjangan durasi konten, serta evaluasi algoritma yang lebih sesuai dengan preferensi
konten edukatif pengguna. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan aplikasi TikTok untuk
melakukan sosialisasi terkait fitur-fitur yang ada di TikTok agar dapat lebih berguna bagi
proses pembelajaran pengguna.
Kata kunci: Social Media, E-Learning, Expectation Confirmation Theory, Information System
Success Model, Covariance- Based Structural Equation Modelling, Continuance Intention