Tidak ada review pada koleksi ini: 50789
ABSTRAK
Nama : Marcel Valdhano
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Mendorong Adopsi Aplikasi Bank Digital di
Indonesia: Perspektif Trust Transfer, Teori Innovation Diffusion,
dan Teori Valence
Perkembangan smartphone dan internet menghasilkan perubahan besar pada
kebiasaan dan preferensi konsumen, yaitu dengan menggunakan media digital
untuk berbagi informasi, berkomunikasi, berbelanja online dan menggunakan
layanan baru berbasis internet. Bank Digital adalah model terbaru dari dunia
perbankan yang tidak memiliki kantor cabang/fisik dimanapun dan dirancang untuk
memberikan layanan perbankan melalui platform elektronik, sedangkan bank
konvensional adalah sistem perbankan lama yang layanannya masih diberikan
secara tatap muka melalui kantor cabang terdekat. Bank digital memiliki banyak
manfaat dibandingkan dengan bank konvensional seperti: pendaftaran yang lebih
mudah, 24 jam akses layanan, dll. Trust transfer theory digunakan dalam penelitian
ini untuk mengukur proses perpindahan trust dari dua objek yang saling
berhubungan yaitu bank konvesional dan bank digital. Penelitian ini juga
menggunakan valence framework dan innovation diffusion theory untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pengguna dalam
menggunakan aplikasi bank digital. Secara keseluruhan, model penelitian ini terdiri
dari 13 variabel: relative advantages, compatibility, observability, perceived ease
of use, behavioral intention, perceived risk, activation cost, monetary cost, initial
trust of digital banking, offline banking trust, reputation, consumer disposition to
trust, dan trust to internet. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode
covariance-based structural equation model (CB-SEM) dengan tools AMOS 22.0
menggunakan 370 data responden yang valid. Hasil analisis telah membuktikan
bahwa offline banking trust mempengaruhi secara positif terhadap reputation;
offline banking trust dan reputation memepengaruhi secara positif terhadap intial
trust of digital banking; faktor trust to internet memoderasi hubungan antara offline
banking trust dan initial trust of digital banking; initial trust of digital banking
mempengaruhi secara negatif terhadap perceived risk; initial trust of digital
banking mempengaruhi secara positif terhadap relative advantages; initial trust of
digital banking, relative advantages, observability, dan compatibility
mempengaruhi secara positif terhadap behavioral intention pengguna. Penelitian
ini diharapkan dapat mengisi kekosongan penelitian terdahulu terkait konteks
kepercayaan pada bank digital. Penelitian ini juga diharapkan dapat berkontribusi
dan memberikan manfaat kepada industri perbankan di Indonesia dalam
meningkatkan fitur yang kurang dan mengatur strategi sesuai dengan tujuan bisnis.
Kata Kunci:
Digital Banking, Trust Transfer Theory, Valence Framework, Innovation Diffusion
Theory, AMOS, Digital Banking, Mobile Banking, Behavioral Intention.