Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1656 (Softcopy KA-1640) MAK KA-1291
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Employee Self-Service: Studi Kasus PT Waskita Karya (persero)Tbk
Author Fadhilah Atika;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2022
Subject
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1656 (Softcopy KA-1640) MAK KA-1291 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50861
ABSTRAK

Nama : Fadhilah Atika Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Employee Self-Service : Studi Kasus PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc.

Waskita Employee Self-Service Technology (WEST) merupakan aplikasi pendukung Divisi Human Capital Management (HCM) dalam pengelolaan human resource menjadi lebih transparan dan proses lebih cepat. Namun, masih ditemukan kekurangan terhadap aplikasi WEST serta adanya target terhadap rencana strategis divisi HCM tahun 2020-2024 terkait pengembangan aplikasi WEST dan efisiensi biaya operasional dalam penerapan aplikasi, selain itu biaya sewa aplikasi yang tidak murah maka diperlukan pengembangan aplikasi WEST secara optimal berlandaskan pada harapan pengguna. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah penelitian terkait faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna terhadap aplikasi WEST. Tujuannya agar seluruh karyawan merasa puas dan pemanfaatan anggaran juga menjadi lebih efisien. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 1.754 karyawan tetap PT Waskita Karya (Persero) Tbk secara online menggunakan Google Form. Total 654 data responden berhasil dikumpulkan, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode CB-SEM dengan software AMOS versi 22 dan SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna ialah system quality, information quality, top management support, dan social influence. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan evaluasi bagi Waskita dalam pengembangan aplikasi WEST yang lebih optimal dan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya terkait faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna aplikasi.