Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2029 (Softcopy SK-1511)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor Push, Pull, Dan Mooring Yang Memengaruhi Niat Beralih Pengguna Dari Akun Gratis Ke Akun Premium Pada Aplikasi Subscription Video-On-Demand Di Indonesia
Author Lubna Fairuz Z.; Muhammad Farras N.A.; Muhammad Fiqri A.;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2022
Subject Subscription Video on Demand, Freemium, Premium, Free-to-Fee, Push-Pull-Mooring, Covariance-Based Structural Equation Modeling, Switching Intention
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2029 (Softcopy SK-1511) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50883
ABSTRAK Nama : Lubna Fairuz Zafira, Muhammad Farras Nur Aslam, Muhammad Fiqri Adrian Program Studi : Sistem Informasi Judul : ANALISIS FAKTOR PUSH, PULL, DAN MOORING YANG MEMENGARUHI NIAT BERALIH PENGGUNA DARI AKUN GRATIS KE AKUN PREMIUM PADA APLIKASI SUBSCRIPTION VIDEO-ON-DEMAND DI INDONESIA Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom dan Fathia Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc. Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap peningkatan penggunaan pada beberapa layanan digital, salah satunya adalah aplikasi SVoD. Salah satu pricing model yang mulai banyak digunakan oleh industri SVoD adalah freemium model, di mana pengguna dapat menonton dengan dua pilihan akun, yaitu melalui akun gratis atau akun premium. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor push, pull, dan mooring yang memengaruhi switching intention dari free-to-fee user pada aplikasi Subscription Video on Demand di Indonesia. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Push-Pull-Mooring (PPM) sebagai teori yang banyak digunakan pada penelitian terkait switching intention. Penelitian ini memiliki 475 responden valid yang pernah berlangganan akun premium setidaknya sekali pada aplikasi SVoD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Covarianced-based Structural Equation Model dan menggunakan bantuan program AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intrusiveness of advertising dan limited content tidak berpengaruh terhadap switching intention. Sementara itu, premium attractiveness of utilitarian benefits, premium attractiveness of hedonic benefits, price value, switching cost, peer influence, dan habit berpengaruh terhadap switching intention. Pada faktor moderasi, hanya hubungan premium attractiveness of utilitarian benefits dan price value dengan switching intention yang dimoderasi oleh variabel habit. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan penyedia layanan SVoD untuk mengevaluasi layanan mereka sehingga semakin banyak pengguna yang beralih dari akun gratis ke akun premium. Kata kunci: Subscription Video on Demand, Freemium, Premium, Free-to-Fee, Push-Pull-Mooring, Covariance-Based Structural Equation Modeling, Switching Intention