Call Number | KA-1683 (Softcopy KA-1668) MAK KA-1319 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Strategi Transformasi Digital dalam Menghadapi Pasca Pandemi COVID-19: Studi Kasus PT Cipta Mikro Material |
Author | Novy Ariyanto; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2023 |
Subject | Digital Transformation |
Location | FASILKOM-UI-MTI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1683 (Softcopy KA-1668) MAK KA-1319 | Ind | TERSEDIA |
Nama : Novy Ariyanto Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Strategi Transformasi Digital Dalam Menghadapi Pasca Pandemi Covid-19: Studi Kasus PT Cipta Mikro Material Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D. Dr. Sofian Lusa, S.E., M.Kom.
Dampak pandemi covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 khususnya di Indonesia mengakibatkan berbagai efek negatif maupun positif. Salah satu dampak negatif yaitu penurunan pendapatan perusahaan pada sektor jasa pengujian yang disebabkan perubahan perilaku konsumen dalam menggunakan teknologi. Dampak ini mengakibatkan penurunan pendapatan salah satu perusahaan jasa pengujian yaitu PT Cipta Mikro Material (CMM). Realisasi penjualan jasa pengujian perusahaan pada tahun 2020 dan 2021 tidak mencapai target yang ditetapkan. Untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dapat melalui perubahan model bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi transformasi digital yang tepat dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen pasca pandemi COVID-19 bagi kelangsungan bisnis PT Cipta Mikro Material. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, studi literatur, dan studi dokumen. Penyusunan rumusan strategi transformasi digital menggunakan Digital Leadership framework yang diliterasikan dengan penelitian lain melalui analisis 3C2S serta metode analisis Value Chain, Benchmarking, Porter 5’s Forces, PESTEL, dan SWOT. Hasil akhir penelitian telah dilakukan validasi internal berupa model bisnis baru bagi layanan jasa pengujian pada tempat studi kasus serta sepuluh rekomendasi strategi yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen pasca pandemi covid-19 agar bisnis perusahaan dapat bertumbuh dan berkembang.