Tidak ada review pada koleksi ini: 51133
ABSTRAK
Nama : Fivi Melinda
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengaruh eWOM Media Richness dan Information
Quality terhadap Niat Mengunjungi Tempat Wisata
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. &
Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom.
eWOM merupakan salah satu sumber informasi yang sering digunakan oleh
pengunjung dalam pertimbangan untuk mengunjungi tempat wisata. Sebagai salah
satu bentuk user generated content eWOM tidak memiliki format tetap yang
menyebabkan kualitasnya dan media penyampaiannya berbeda-beda. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh perbedaan kualitas informasi dan media richness
dari eWOM pada niat mengunjungi, dilakukan penelitian eksperimental dengan
memanipulasi kedua faktor tersebut serta menganalisis pengaruhnya pada variabel
trust, attitude, telepresence, dan visiting intention. Teori media richness membahas
mengenai kemampuan medium dalam meneruskan informasi, dan hal tersebut
penting dalam bidang periklanan karena membantu konsumen membuat keputusan
secara efektif dan efisien. Sementara kualitas merupakan kekuatan persuasif dari
eWOM dan seringkali digunakan untuk mengevaluasi efektivitasnya. Dalam
penelitian ini, eksperimen dilakukan dengan desain faktorial 3 (eWOM richness:
tinggi, medium, rendah) x 2 (eWOM quality: tinggi, rendah). Melalui kuesioner
yang disebarkan secara online, diperoleh 260 data valid yang kemudian diolah
menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS 3. Hasil temuan pada
penelitian ini menunjukkan bahwa eWOM richness yang lebih tinggi berpengaruh
lebih tinggi pada trust, attitude, dan telepresence. eWOM quality yang lebih tinggi
berpengaruh lebih tinggi pada trust dan telepresence tetapi tidak pada attitude.
Sementara itu trust terbukti memiliki pengaruh pada attitude tetapi tidak pada
visiting intention. Sebaliknya, telepresence terbukti berpengaruh pada visiting
intention tapi tidak pada attitude. Terakhir, attitude memiliki pengaruh pada visiting
intention. Penelitian ini dapat memperkaya penelitian terkait eWOM dari sudut
pandang karakteristik media penyampaian. Hasil penelitian ini juga diharapkan
dapat menjadi acuan dalam menggunakan eWOM yang berkualitas yang disertai
foto dan video agar dapat memenuhi kebutuhan informasi dari calon pengunjung.
Kata kunci: eWOM, media richness, information quality, trust, attitude,
telepresence, visiting intention.