Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2057 (Softcopy SK-1539)
Collection Type Skripsi
Title Pengaruh ewom media richness dan infromation quality terhadap niat mengunjungi tempat wisata
Author Fivi Melinda;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2057 (Softcopy SK-1539) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51133
ABSTRAK Nama : Fivi Melinda Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengaruh eWOM Media Richness dan Information Quality terhadap Niat Mengunjungi Tempat Wisata Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom. eWOM merupakan salah satu sumber informasi yang sering digunakan oleh pengunjung dalam pertimbangan untuk mengunjungi tempat wisata. Sebagai salah satu bentuk user generated content eWOM tidak memiliki format tetap yang menyebabkan kualitasnya dan media penyampaiannya berbeda-beda. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh perbedaan kualitas informasi dan media richness dari eWOM pada niat mengunjungi, dilakukan penelitian eksperimental dengan memanipulasi kedua faktor tersebut serta menganalisis pengaruhnya pada variabel trust, attitude, telepresence, dan visiting intention. Teori media richness membahas mengenai kemampuan medium dalam meneruskan informasi, dan hal tersebut penting dalam bidang periklanan karena membantu konsumen membuat keputusan secara efektif dan efisien. Sementara kualitas merupakan kekuatan persuasif dari eWOM dan seringkali digunakan untuk mengevaluasi efektivitasnya. Dalam penelitian ini, eksperimen dilakukan dengan desain faktorial 3 (eWOM richness: tinggi, medium, rendah) x 2 (eWOM quality: tinggi, rendah). Melalui kuesioner yang disebarkan secara online, diperoleh 260 data valid yang kemudian diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS 3. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa eWOM richness yang lebih tinggi berpengaruh lebih tinggi pada trust, attitude, dan telepresence. eWOM quality yang lebih tinggi berpengaruh lebih tinggi pada trust dan telepresence tetapi tidak pada attitude. Sementara itu trust terbukti memiliki pengaruh pada attitude tetapi tidak pada visiting intention. Sebaliknya, telepresence terbukti berpengaruh pada visiting intention tapi tidak pada attitude. Terakhir, attitude memiliki pengaruh pada visiting intention. Penelitian ini dapat memperkaya penelitian terkait eWOM dari sudut pandang karakteristik media penyampaian. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan dalam menggunakan eWOM yang berkualitas yang disertai foto dan video agar dapat memenuhi kebutuhan informasi dari calon pengunjung. Kata kunci: eWOM, media richness, information quality, trust, attitude, telepresence, visiting intention.