Tidak ada review pada koleksi ini: 51302
ABSTRAK
Nama : Farah Husna Nabilah, Fariz Habibie Permana, Najwa
Lathifah Ulima
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR PUSH, PULL, DAN MOORING
YANG MEMENGARUHI NIAT BERPINDAH KE
LAYANAN PREMIUM PADA PLATFORM
ADVERTISING VIDEO-ON-DEMAND (AVOD):
STUDI KASUS YOUTUBE
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
dan Fathia Prinastiti Sunarso, M.Sc.
Dampak pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia dalam
mendapatkan hiburan, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital, seperti layanan
Video-on-Demand (VOD). Salah satu bentuk layanan VOD adalah Advertising Video-on-
Demand (AVoD) di mana pengguna dapat menikmati konten secara gratis dengan menonton
iklan yang ditampilkan. YouTube, sebagai salah satu aplikasi AVoD yang terkenal di
Indonesia, menjadi fokus penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi faktor-faktor push, pull, dan mooring yang memengaruhi switching
intention pengguna YouTube versi gratis di Indonesia ke layanan berbayar YouTube, yaitu
YouTube Premium. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya angka pengguna YouTube
versi gratis yang berpindah ke YouTube Premium. Penelitian ini memanfaatkan teori push-
pull-mooring (PPM) yang kerap digunakan untuk meneliti niat beralih pengguna. Responden
valid penelitian ini berjumlah 476 orang yang telah berlangganan akun YouTube Premium
setidaknya sekali dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini dianalisis secara kuantitatif (CB-
SEM) dan kualitatif (wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived time
efficiency, social influence, switching cost, dan habit memiliki pengaruh terhadap switching
intention. Sementara itu, dissatisfaction, intrusiveness of advertising, perceived functional
benefits, perceived emotional benefits, dan free mentality tidak berpengaruh pada switching
intention. Untuk faktor moderasi, tiga dari empat faktor mooring terbukti memoderasi
beberapa faktor push dan pull terhadap switching intention. Berdasarkan hasil tersebut,
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan industri AVoD,
khususnya perusahaan YouTube, dalam meningkatkan jumlah pengguna premium pada
layanan mereka. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap
celah penelitian pada konteks layanan freemium ke premium dengan memanfaatkan teori
PPM.
Kata Kunci:
Advertising Video-on-Demand, push-pull-mooring, switching intention, YouTube versi
gratis, YouTube Premium