Tidak ada review pada koleksi ini: 51315
ABSTRAK
Nama : Evita Haliansyah, Nathanael Pardosi, Vioren Paramitta Adithana
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor Customer Experience terhadap Proses Trust Transfer
E-commerce Shopee yang Memengaruhi Adopsi Bank Digital
Seabank
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom., & Fathia
Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc.,
Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya
pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile.
Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih
banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan
kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan
menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang
memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus
bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group
yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan
data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data
diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-
SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor
customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship
investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor
customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif
kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to
Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank
memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini
memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi
trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness
tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut
telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif
Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer
experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat
meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru
mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan
SeaBank dalam konteks customer experience.
Kata kunci:
customer experience, trust transfer, e-commerce, bank digital, Shopee, SeaBank