Tidak ada review pada koleksi ini: 51317
ABSTRAK
Nama : Futuh Nurmuntaha Alfahmi, Ferika Hafshah Zahira
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Implementasi Gamifikasi Terhadap Keberlanjutan
Bermain dan Berlangganan Pada Aplikasi Vidio
Pembimbing : Fatimah Azzahro, S.Kom., M.Kom., M.Sc.
Perkembangan kecepatan internet yang memadai meningkatkan lonjakan langganan platform
over-the-top (OTT) di Indonesia. Vidio merupakan layanan OTT milik PT Vidio Dot Com
yang menyediakan layanan vidio streaming nomor satu di Indonesia. Vidio Games merupakan
fitur gamifikasi pada Vidio, yang dikembangkan untuk memenangkan kompetisi OTT di
Indonesia. Suatu kecenderungan ditemukan pada event Piala Dunia 2022 yang ditayangkan
secara eksklusif di Vidio, terjadi lonjakan pengguna aktif Vidio dan Vidio Games, namun
terjadi penurunan setelah berakhirnya event tersebut. Untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi pengguna untuk lanjut bermain Vidio Games serta hubungannya dengan
keberlanjutan bermain, keberlanjutan menonton, dan berlangganan, penelitian ini
menggunakan uses and gratification theory (U&G), flow theory, dan continuance intention.
Analisis penelitian ini menggunakan metode partial least squares SEM (PLS-SEM) dengan
jumlah sampel sebanyak 423 responden. Hasil analisis penelitian ini membuktikan bahwa
keterpikatan (flow experience) dalam bermain Vidio Games dipengaruhi oleh faktor
enjoyment, escapism, reward, challenge, achievement. Sedangkan, kepuasan (satisfaction)
dalam bermain Vidio Games dipengaruhi oleh faktor enjoyment, reward, dan challenge. Flow
experience dan satisfaction terbukti memengaruhi game continuance intention. Kemudian,
game continuance intention memengaruhi watch continuance intention. Selain itu, platform
subscribe intention dipengaruhi oleh game continuance intention dan watch continuance
intention. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan di bidang game
khususnya gamifikasi pada platform over-the-top (OTT), serta dapat menjadi acuan bagi
pengembang Vidio Games dalam membuat strategi pengembangan.
Kata kunci:
Over-the-top, game, Vidio, Vidio Games, uses and gratification theory, flow theory,
continuance intention, platform subscribe intention.