Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2102 (Softcopy SK-1584)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi customer intention pada aplikasi investasi menggunakan initial trust model dan is success model
Author Benitho Ahmad Suryo, Salvian Athallahrif Fadhil;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2102 (Softcopy SK-1584) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51322
ABSTRAK Nama : Benitho Ahmad Suryo, Salvian Athallahrif Fadhil Program Studi : Sistem Informasi Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI CUSTOMER INTENTION PADA APLIKASI INVESTASI MENGGUNAKAN INITIAL TRUST MODEL DAN IS SUCCESS MODEL Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. & Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. Aplikasi investasi merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan investasi secara online di berbagai instrumen atau aset investasi sepertisaham, reksa dana, cryptocurrency, dan lainnya. Berdasarkan data dari laporan statistik pasar modal Indonesia KSEI (2022), jumlah investor di Indonesia mengalamipeningkatan yang signifikan dari tahun 2019. Akan tetapi, jumlah investor tersebut jika dibandingkan dengan rasio penduduk yang ada di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara- negara lain di kawasan Asean. Oleh karena itu, penelitian inibertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi customer intention pada aplikasi investasi dengan mengintegrasikan teori initial trust dan IS Success Model. Penelitian ini menggunakan metode analisis mixed-method, dengan didahului oleh proses analisis kuantitatif yang dilanjutkan dengan proses analisis kualitatif. Metode analisis kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan target responden pengguna aplikasi investasi di Indonesia. Sebanyak 489 responden berhasil didapatkan dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode partial least square structural equation modelling (PLS-SEM). Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 7 narasumber. Penelitian ini menemukan bahwa perceived benevolence, perceived integrity, dan perceived ability sebagai penyusun dari initial trust. Penelitian ini juga menemukan bahwa firm reputation, structural assurance,trust propensity, system quality, information quality, dan service quality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap initial trust pengguna. Initial trust dan perceived usefulness juga ditemukan memberikan pengaruh signifikan terhadap intensi pengguna pada aplikasi investasi. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa financial literacy tidak mempengaruhi secara signifikan intensi pengguna dalam mengadopsi aplikasi investasi. Penelitian ini berkontribusi mengenai wawasan terkait integrasi initial trust model, dimension of trust dan IS success model dalam intensi pengadopsi aplikasiinvestasi di Indonesia. Penelitian ini juga mampu memberikan manfaat kepada penyedialayanan aplikasi investasi dalam mengembangkan aplikasi investasi untuk menghasilkan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan dari pengguna dan pemerintah Indonesia dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kata kunci: Aplikasi investasi, Initial Trust Model, Intention to Use, IS Success Model, Partial Least Squares Structural Equation Modeling