Tidak ada review pada koleksi ini: 51322
ABSTRAK
Nama : Benitho Ahmad Suryo, Salvian Athallahrif Fadhil
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMENGARUHI CUSTOMER INTENTION PADA
APLIKASI INVESTASI MENGGUNAKAN INITIAL
TRUST MODEL DAN IS SUCCESS MODEL
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. & Annisa Monicha Sari,
S.Kom., M.Kom.
Aplikasi investasi merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk dapat
melakukan investasi secara online di berbagai instrumen atau aset investasi sepertisaham,
reksa dana, cryptocurrency, dan lainnya. Berdasarkan data dari laporan statistik pasar
modal Indonesia KSEI (2022), jumlah investor di Indonesia mengalamipeningkatan yang
signifikan dari tahun 2019. Akan tetapi, jumlah investor tersebut jika dibandingkan
dengan rasio penduduk yang ada di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-
negara lain di kawasan Asean. Oleh karena itu, penelitian inibertujuan untuk menganalisis
faktor-faktor yang memengaruhi customer intention pada aplikasi investasi dengan
mengintegrasikan teori initial trust dan IS Success Model. Penelitian ini menggunakan
metode analisis mixed-method, dengan didahului oleh proses analisis kuantitatif yang
dilanjutkan dengan proses analisis kualitatif. Metode analisis kuantitatif dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner online dengan target responden pengguna aplikasi
investasi di Indonesia. Sebanyak 489 responden berhasil didapatkan dan dianalisis secara
kuantitatif menggunakan metode partial least square structural equation modelling
(PLS-SEM). Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 7
narasumber. Penelitian ini menemukan bahwa perceived benevolence, perceived
integrity, dan perceived ability sebagai penyusun dari initial trust. Penelitian ini juga
menemukan bahwa firm reputation, structural assurance,trust propensity, system quality,
information quality, dan service quality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
initial trust pengguna. Initial trust dan perceived usefulness juga ditemukan memberikan
pengaruh signifikan terhadap intensi pengguna pada aplikasi investasi. Selain itu,
penelitian ini menemukan bahwa financial literacy tidak mempengaruhi secara signifikan
intensi pengguna dalam mengadopsi aplikasi investasi. Penelitian ini berkontribusi
mengenai wawasan terkait integrasi initial trust model, dimension of trust dan IS success
model dalam intensi pengadopsi aplikasiinvestasi di Indonesia. Penelitian ini juga mampu
memberikan manfaat kepada penyedialayanan aplikasi investasi dalam mengembangkan
aplikasi investasi untuk menghasilkan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan dari pengguna dan
pemerintah Indonesia dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Kata kunci:
Aplikasi investasi, Initial Trust Model, Intention to Use, IS Success Model, Partial
Least Squares Structural Equation Modeling