Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2122 (Softcopy SK-1604)
Collection Type Skripsi
Title Rancangan dan evaluasi desain prototipe mobile social commerce pada aplikasi line: studi kasus chat-based community group buying
Author Karina Aulia Putri, Sefrina Fauranisa;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2122 (Softcopy SK-1604) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51346
ABSTRAK Nama : Karina Aulia Putri, Sefrina Fauranisa Program Studi : Sistem Informasi Judul : Rancangan dan Evaluasi Desain Prototipe Mobile Social Commerce pada Aplikasi LINE: Studi Kasus Chat-Based Community Group Buying Pembimbing 1 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Bintang Annisa Bagustari, S.Kom., M.Kom. Kegiatan jual-beli saat ini telah banyak dilakukan secara digital atau disebut kegiatan e-commerce . Perkembangan teknologi beserta kemudahan yang diberikan menjadi alasan dari banyaknya kegiatan e-commerce yang terjadi saat ini . Kegiatan e-commerce saat ini pun telah berkembang menjadi bentuk kegiatan e-commerce lainnya, yaitu social commerce. Kegiatan social commerce saat ini juga telah berkembang menjadi berbagai macam bentuk, salah satunya adalah kegiatan community group buying berbasis chat. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan social commerce dengan fokus berupa kegiatan community group buying berbasis chat ( chat-based community group buying ) . Aplikasi media sosial berbasis chat yang menjadi fokus utama penelitian ini adalah aplikasi LINE. Aplikasi LINE dipilih karena kondisi nyata kegiatan chat-based community group buying saat ini sudah dilakukan menggunakan aplikasi LINE beserta dengan pertimbangan lainnya terkait dengan potensi LINE sebagai media sosial berbasis chat yang mampu mengakomodasi kegiatan social commerce berupa chat-based community group buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design dan menghasilkan rancangan desain prototipe m obile social commerce pada aplikasi LINE yang dapat memfasilitasi chat-based community group buying. Sebanyak total 10 fitur utama dihasilkan berdasarkan riset kebutuhan pengguna, baik dari hasil analisis survei maupun wawancara. Rancangan desain kemudian dievaluasi menggunakan metode usability testing , wawancara kontekstual, kuesioner System Usability Scale (SUS), dan heuristic evaluation . Evaluasi dengan usability testing menghasilkan completion rate untuk mayoritas task sebesar 100%, serta satu task bernilai 33,33% sedangkan sedikit task yang bernilai 66,67%. Sementara itu, rata-rata skor System Usability Scale yang didapatkan dari seluruh partisipan adalah 77,6 atau grade B+. Berdasarkan analisis terhadap hasil evaluasi dari wawancara kontekstual dan heuristic evaluation , didapatkan sebanyak enam label solusi perbaikan dan tujuh label saran perbaikan. Kata Kunci: chat-based community group buying, desain prototipe, social commerce, user-centered design