Tidak ada review pada koleksi ini: 51367
ABSTRAK
Nama Mahasiswa 1 : Dinar Sulistyorini
Nama Mahasiswa 2 : Rajendra Daniel Saksono
Nama Mahasiswa 3 : Syifa Rizka Sagita
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi
Maxim dengan Pendekatan User-Centered Design
Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc.
Pembimbing 2 : Dr.Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng.
Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi Maxim sebagai aplikasi
penyedia layanan ride-hailing yang belum memenuhi kebutuhan penggunanya di
Indonesia dari segi usability. Aplikasi ini telah hadir di Indonesia sejak 2018 dengan
misi membantu masyarakat melakukan perjalanan secara berkelanjutan. Namun,
aplikasi yang relatif baru digunakan ini memiliki tingkat usability yang lebih rendah
jika dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya, seperti Gojek atau Grab. Oleh karena
itu, penelitian berupa evaluasi usability ini dilakukan dengan tujuan menemukan
permasalahan yang dialami pengguna dan mengembangkan solusi dalam bentuk desain
antarmuka alternatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada aspek usability.
Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dengan dua iterasi
yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan survei (n = 132)
dan wawancara daring (n = 10), teridentifikasi 77 kelompok masalah berdasarkan
prinsip Usability Heuristic yang kemudian dikaitkan dengan 93 solusi desain
berdasarkan prinsip Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design.
Selanjutnya, usability hasil pengembangan solusi desain berdasarkan temuan iterasi
tersebut dievaluasi menggunakan moderated usability testing (UT) dan penyebaran
kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring. Hasil akhir evaluasi kuantitatif
UT pada iterasi kedua menunjukkan peningkatan rata-rata keberhasilan responden
menyelesaikan skenario secara sempurna, dari 64,24% menjadi 90,48%, dengan
penurunan rata-rata waktu pengerjaan dari 41,25 detik menjadi 26,69 detik. Hasil
tersebut juga didukung oleh skor SUS sebesar 88,97, menunjukkan desain yang sangat
baik dan dapat diterima oleh pengguna. Hasil evaluasi kualitatif dari UT juga selaras
dengan perolehan tersebut, mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan
fitur-fitur yang disediakan aplikasi. Dengan demikian, penelitian ini mampu
meningkatkan usability dari desain aplikasi dan menjadi rekomendasi untuk perbaikan
serta landasan penelitian lebih lanjut.
Kata kunci:
Ride-hailing, usability, Usability Heuristic, usability testing, System Usability Scale
(SUS), Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design