Call Number | KP-3705 |
Collection Type | Kerja Praktek (KP) |
Title | Membangun Ekosistem Pendidikan di Indonesia Dengan Menjadi Product Designer di Aku Pintar |
Author | Muhammad Rasyid; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KP-3705 | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Muhammad Rasyid NPM : 1806205003 Program Studi : Ilmu Komputer Judul Kerja Praktik : Membangun Ekosistem Pendidikan di Indonesia Dengan Menjadi Product Designer di Aku Pintar Dengan adanya program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia yang menggandeng berbagai mitra perusahaan, penulis melihat adanya celah potensi pengabdian dan pengembangan diri di dalamnya. Hal tersebut yang membuat penulis pada akhirnya berupaya mendaftar ke beberapa perusahaan yang terdapat di website resmi Kampus Merdeka dengan role yang dirasa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan melihat keselarasan dengan jurusan penulis, yaitu Ilmu Komputer. Setelah melalui proses seleksi perekrutan dari berbagai perusahaan, penulis pada akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan program kampus merdeka pada salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, yaitu PT. Aku Pintar Indonesia sebagai Product Designer Intern. Pada awal periode kerja praktik, penulis diberikan pembekalan materi terkait design flow system, seluruh produk Aku Pintar, dan design style guide Aku Pintar. Dengan bekal materi yang telah disebutkan tadi, penulis mendapatkan 3 tahap pelatihan, yaitu Easy Training Project, Medium Training Project, dan Hard Training Project. Ketiga tahap pelatihan tersebut meliputi redesign halaman statis website Aku Pintar, revamp halaman universitas di aplikasi mobile Aku Pintar, dan merancang desain fitur tes karir di aplikasi mobile Aku Pintar. Dengang mengikuti kerja praktik ini, penulis telah melihat dan belajar secara langsung proses pengembangan aplikasi yang berjalan secara kontinuitas. Selain itu, penulis juga berusaha mengimplementasikan pengetahuan dan ilmu berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari selama kuliah sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Kata Kunci: Kerja Praktik, Product Design, Redesign, Revamp, User Interface/User Experience (UI/UX)