Tidak ada review pada koleksi ini: 51531
ABSTRAK
Nama : Eba Br Ginting, Riris Melissa Winona Togatorop, Syndi Yohana
Sitorus
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Switching Intention dari
Card Tap ke Quick Response (QR) Code Scan sebagai Metode
Pembayaran Transportasi Kereta Rel Listrik (KRL)
Pembimbing : Ave Adriana Pinem, S.Kom., M.Kom.
Angka penggunaan transportasi KRL cukup tinggi dibandingkan transportasi umum lainnya.
Metode pembayaran tiket KRL yang umum digunakan adalah tap card, namun mulai muncul
metode pembayaran tiket KRL yang baru, yaitu QR code. Hal ini disebabkan oleh
meningkatnya penggunaan dompet digital di Indonesia. Peningkatan jumlah penggunaan
metode pembayaran QR code dapat dilihat dari jumlah penggunaan pada salah satu penyedia
layanan QR code, yaitu GoTransit, yang meningkat sebanyak 20 kali hanya dalam jangka
waktu 1 bulan setelah diluncurkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang
memengaruhi niat beralih seseorang dari penggunaan tap card ke QR code sebagai metode
pembayaran transportasi KRL dengan memanfaatkan teori Push Pull Mooring (PPM).
Melalui framework ini, faktor-faktor yang memengaruhi niat beralih pengguna
dikelompokkan menjadi tiga faktor, yaitu faktor yang mendorong (push), menarik (pull), dan
menghambat (mooring). Responden pada penelitian ini berjumlah 605 responden yang
setidaknya pernah menggunakan metode pembayaran tap card dan QR code. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor push, yaitu perceived risk dan faktor pull, yaitu application
usefulness, ease of use, dan public influence, secara positif memengaruhi niat beralih dari
penggunaan tap card ke QR code sebagai metode pembayaran tiket KRL. Sedangkan untuk
faktor mooring ditemukan bahwa habit, past investments, dan perceived threats secara negatif
memengaruhi niat beralih seseorang dari penggunaan tap card ke QR code dalam pembelian
tiket KRL. Penelitian ini memberikan faktor baru yaitu perceived threats pada faktor mooring
dan memberikan ide baru kepada penyedia layanan tap card, seperti menerapkan pemindahan
atau pemblokiran saldo pada kartu yang hilang atau rusak dan kepada penyedia layanan QR
code, seperti menambah promo yang diberikan, meningkatkan multifungsionalitas produk,
dll.
Kata Kunci: Transportasi KRL, Metode Pembayaran, Switching Intention, Push Pull
Mooring, Partial Least Square-Structural Equation Modeling