Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2213 (Softcopy SK-1695) Source Code SK-826
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Game Edukasi Kompetitif untuk Pembelajaran Pecahan Siswa Sekolah Dasar
Author Giffari Faqih Phrasya Hardani;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2213 (Softcopy SK-1695) Source Code SK-826 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51542
ABSTRAK Nama : Giffari Faqih Phrasya Hardani Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Game Edukasi Kompetitif untuk Pembelajaran Pecahan Siswa Sekolah Dasar Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Bintang Annisa Bagustari, S.Kom., M.Kom. Math Anxiety adalah suatu rasa kegelisahan yang dirasakan seorang siswa terhadap pelajaran matematika. Kecemasan tersebut muncul karena rasa kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika. Salah satu bagian dari pelajaran matematika yang sulit tersebut adalah operasi bilangan pecahan, yang memiliki konsep-konsep yang sulit dipahami. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini membahas pengembangan purwarupa game kompetitif yang memfasilitasi pembelajaran kolaboratif mengenai pelajaran pecahan untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode User-Centered Design dalam perancangannya dengan memperhatikan kebutuhan pengguna. Pendekatan penelitian menggunakan campuran kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi pengaruh sistem yang dibuat terhadap capaian belajar serta pengalaman belajar siswa dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur capaian belajar dan kuesioner untuk mengukur pengalaman belajar. Berdasarkan hasil evaluasi, purwarupa game tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap capaian belajar siswa berdasarkan perbedaan posttest dengan pretest, yang disebabkan oleh terbatasnya waktu interaksi antara siswa dengan purwarupa game yang dikembangakan. Di sisi lain, purwarupa game yang dikembangkan berhasil memberi pengaruh positif terhadap pengalaman belajar siswa dalam hal ketertarikan siswa, pengaruh secara emosi, dan rasa keterlibatan secara kognitif dan perilaku. Penelitian ini mengusulkan perbaikan untuk meningkatkan pengaruh positif dari game tersebut terhadap proses pembelajaran siswa. Kata kunci: Pembelajaran pecahan, siswa Sekolah Dasar, game edukasi, pembelajaran kolaboratif, user-centered design.