Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2227 (Softcopy SK-1709)
Collection Type Skripsi
Title Alternatif Pengukuran Tingkat Ekuitas Merek Menggunakan Analitika Media Sosial: Studi Kasus Top Brand Index
Author Trisetio Putra Jihan Alfiyyah Munajat Said Nizamudin;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2227 (Softcopy SK-1709) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51557
ABSTRAK Nama Mahasiswa 1 Nama Mahasiswa 2 Nama Mahasiswa 3 Program Studi Judul Pembimbing 1 Pembimbing 2 : Jihan Alfiyyah Munajat : Said Nizamudin : Trisetio Putra : Sistem Informasi : Alternatif Pengukuran Tingkat Ekuitas Merek Menggunakan Analitika Media Sosial: Studi Kasus Top Brand Index : Rahmad Mahendra, S.Kom., M.Sc. : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc. (Hons), M.Bus. Brand equity merupakan hal yang dapat memberikan manfaat bagi nilai keseluruhan perusahaan di mata konsumen. Mengetahui hal tersebut, pengukuran terhadap brand equity dilakukan baik oleh perusahaan sebagai penilaian performa individual maupun oleh organisasi eksternal yang bertujuan sebagai ajang evaluasi kategori pasar tertentu. Seperti halnya yang dilakukan oleh Frontier Group melalui Top Brand Awards. Agar ajang penghargaan seperti Top Brand Awards dapat menghasilkan hasil yang akurat, tentunya diperlukan data dengan jumlah yang besar dan variatif. Untuk mendapatkan hal tersebut, penggunaan metode survei konvensional berpotensi untuk menggunakan biaya dan tenaga yang besar. Dengan tingginya angka penggunaan sosial media di Indonesia, hal ini memicu peneliti untuk mencoba menemukan alternatif yang dapat mengurangi cost dari metode konvensional tersebut, yaitu dengan memanfaatkan data yang berasal dari media sosial, tepatnya data tweet pada platform Twitter. Penelitian dilakukan terhadap sampel 4 kategori dari Top Brand Awards dari tahun 2015 hingga 2021, yaitu ISP Fixed, Jasa Transportasi Online, Situs Jual Beli Online, dan Jasa Kurir. Data tweet didapatkan dan diolah melalui pendekatan text mining. Text analysis dilakukan berdasarkan pemetaan model data terhadap atribut yang dimiliki oleh model brand equity. Adapun atribut dari model brand equity yaitu brand loyalty, brand associations/ awareness, dan perceived quality ditentukan melalui proses Systematic literature Review (SLR). Proses text mining memanfaatkan atribut tweet seperti rawContent, likeCount, dan retweetCount untuk menghasilkan skor brand equity dari setiap merek di tiap kategori sampel berdasarkan tahun tweet. Skor tersebut digunakan sebagai perbandingan terhadap ground truth, yaitu peringkat dan skor setiap brand pada Top Brand Index. Sebagai hasil, didapatkan bahwa pengukuran brand equity melalui pendekatan text mining mendapatkan skor kemiripan hingga sebesar 83.72% terhadap pendekatan konvensional yang didapatkan pada Top Brand Awards. Kata kunci: Ekuitas Merek, Analitika Media Sosial, Penambangan Teks, Analisis Sentime