Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number LAPORAN LK-22
Collection Type LAPORAN LAYANAN KONSULTASI
Title Evaluasi dan rekomendasi Perbaikan Model Bisnis dengan Menerapkan Transformasi Digital: Studi Kasus PT Kecerdasan Buatan Indonesia
Author Rismanti Amalia Nurahmawati;
Publisher
Subject
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
LAPORAN LK-22 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51650
EXECUTIVE SUMMARY

Pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi perekonomian global. Berbagai sektor mengalami kontraksi negatif pertumbuhan. Berbeda dengan sektor penyedia jasa teknologi dibidang kecerdasan buatan yang mengalami peningkatan permintaan dan menghasilkan kompetisi dalam memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepuasan pelanggannya. Termasuk Konvergen yang bergerak dalam pengembangan dan peningkatan pengelolaan teknologi di bidang kecerdasan buatan. Laporan Customer Journey menunjukkan perusahaan belum dapat mencapai target dalam pengelolaan kepuasan pelanggan yang diukur menggunakan Net Promoter Score (NPS). Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap model bisnis aktual dan memberikan rekomendasi perbaikan model bisnis perusahaan untuk seluruh elemen model bisnis melalui proses wawancara kepada tiga narasumber. Evaluasi model bisnis dilakukan dengan menggunakan business model canvas. Manfaat penelitian ini adalah dirumuskannya rekomendasi perbaikan model bisnis berupa penambahan komponen pada elemen customer segments, channels, customer relationships, value propositions, key activities, cost structure, dan revenue stream guna mendukung peningkatan pada nilai NPS, pendapatan perusahaan dan customer experience. Evaluasi model bisnis divalidasi oleh tiga orang perwakilan perusahaan yang menjabat sebagai CEO, COO, dan Head of Finance. Rekomendasi perbaikan model bisnis ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi model bisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, mengurangi churn rate, dan meningkatkan customer experience yang dirasakan pelanggan.