Call Number | SK-2254 (Softcopy SK-1736) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Konsumen terhadap Omnichannel Retailing dan Dampaknya terhadap Purchase Intention: Analisis Multigroup berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia |
Author | Fadhila Humairah, Rizky Pratama Nataprawira; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2024 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2254 (Softcopy SK-1736) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Fadhila Humairah, Rizky Pratama Nataprawira Program Studi : Sistem Informasi Judul : ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP OMNICHANNEL RETAILING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PURCHASE INTENTION: ANALISIS MULTIGROUP BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN USIA Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom & Fatimah Azzahro, S.Kom., M.Kom., M.Sc. Ritel omnichannel merupakan suatu aktivitas perniagaan yang mengintegrasikan seluruh saluran pembelian untuk menciptakan pengalaman belanja yang mulus. Implementasi omnichannel sendiri sudah banyak dilakukan oleh perusahaan ritel di Indonesia karena manfaatnya. Namun, aktivitas belanja melalui ritel omnichannel masih sedikit dilakukan dibandingkan dengan aktivitas belanja secara tradisional. Hal tersebut terjadi karena kepercayaan masyarakat yang cenderung menurun ketika menghadapi ketidakpastian yang ada pada ritel omnichannel. Rasa kepercayaan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan antesedennya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kepercayaan yang memengaruhi niat belanja melalui ritel omnichannel dengan model trust-based consumer decision making. Penelitian ini menggunakan metode mixed-method. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada masyarakat Indonesia yang pernah berbelanja melalui ritel omninchannel. Sebanyak 523 data berhasil dikumpulkan yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Selanjutnya, dilanjutkan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dengan enam responden untuk mendukung hasil penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa channel integration quality, reputation, familiarity, consumer disposition to trust, dan perceived usefulness memengaruhi trust; channel integration quality, reputation, word-of-mouth dan familiarity memengaruhi perceived usefulness; dan trust serta perceived usefulness memengaruhi purchase intention. Selain itu, ditemukan juga bahwa jenis kelamin memberi perbedaan pada faktor-faktor yang memengaruhi trust dan perceived usefulness serta usia yang memberi perbedaan pada faktor-faktor yang memengaruhi trust, perceived usefulness, dan purchase intention. Kata kunci: ritel omnichannel, trust-based consumer decision-making, antecedents of trust, trust, perceived usefulness, purchase intention, PLS-SEM