Call Number | SK-2288 (Softcopy SK-1770) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi niat Perpindahan Pembelian Tiket Bioskop dari Konvensional ke Mobile Applications Berdasarkan Teori Push-pull-Morning |
Author | Firman Edo Junyet/Mohammad Hafizh Dwiandra Ramadhan/Muhammad Arsyandra Tjandra; |
Publisher | Depok, Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Analisis faktor |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2288 (Softcopy SK-1770) | TERSEDIA |
Nama : Firman Edo Junyet, Mohammad Hafizh Dwiandra Ramadhan, Muhammad Arsyanda Tjandra Program Studi : Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Judul : “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Perpindahan Pembelian Tiket Bioskop dari Konvensional ke Mobile Applications berdasarkan Teori Push-Pull-Mooring“ Pembimbing : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Ika Chandra Hapsari, S.Kom., M.Kom Pandemi COVID-19 telah berperan menjadi faktor dalam mengubah kebiasaan pembelian tiket di seluruh dunia, dari konvensional ke mobile application pembelian tiket bioskop. Hal ini juga berlaku pada tiket bioskop untuk menonton film di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Platform pembelian tiket digital yang ada saat ini, menawarkan berbagai macam kemudahan kepada pembeli. Meskipun demikian, masih cukup banyak pembeli yang masih bertahan untuk membeli tiket secara konvensional. Masih rendahnya nilai konversi ini, menunjukkan adanya faktor penghambat dalam adopsi teknologi pembelian tiket yang lebih modern. Berdasarkan isu tersebut, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memberikan pengaruh terhadap keputusan masyarakat Indonesia dalam memilih layanan mobile application untuk membeli tiket bioskop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Push-Pull-Mooring (PPM). Data kuantitatif yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah 520 responden yang mengisi kuesioner dan 30 narasumber sebagai sumber data kualitatif. Data kuantitatif yang diolah menggunakan metode PLS-SEM, dan data kualitataif diolah dengan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, push factor, pull factor, dan mooring factor berpengaruh terhadap switching intention ke mobile application pembelian tiket bioskop. Manfaat penelitian ini adalah untuk menjadi referensi penelitian selanjutnya, dan referensi untuk pihak pengembang aplikasi mobile tiket bioskop dalam meningkatkan layanan pembelian tiket bioskop. Kata kunci : mobile application, switching intention, push-pull-mooring, PLS-SEM