Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1831 (Softcopy KA-1820) MAK KA-1467
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Perbandingan Model Klasfikasi Tiket Service Desk PT Sinarmas MSIG Life Berbasis Machine Learning
Author Joash Lorenzo Imbenay;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2024
Subject Machine Learning
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1831 (Softcopy KA-1820) MAK KA-1467 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 54738
Penelitian ini mengevaluasi kinerja algoritma klasifikasi dalam menangani permintaan pengguna pada portal Service Desk Sinarmas MSIG Life (SMiLe). Algoritma yang diuji adalah Random Forest, Decision Tree, Support Vector Machine (SVM), dan Naïve Bayes, dengan kombinasi fitur kontekstual dan TF-IDF. Metodologi melibatkan pengumpulan data tiket, prapemrosesan teks seperti tokenisasi, penghapusan stop words, dan ekstraksi fitur menggunakan TF-IDF serta n-gram. Dataset yang dihasilkan digunakan untuk melatih dan menguji model. Hasil menunjukkan SVM dengan kombinasi fitur TF Unibitri memberikan kinerja terbaik, meningkatkan efisiensi dan ketepatan klasifikasi teks. Dalam konteks Non-IT Support, SVM dengan fitur TF-Unibitri dan data kontekstual memberikan hasil optimal, menunjukkan kemampuan otomatisasi klasifikasi tiket yang efisien. Selain itu, dalam klasifikasi IT Support, kombinasi SVM dengan TF-Unibi dan fitur Email juga menunjukkan performa terbaik, memperkuat temuan bahwa SVM dapat memberikan respons yang cepat dan akurat. Temuan ini menunjukkan pentingnya machine learning untuk meningkatkan manajemen tiket dan layanan IT, serta kontribusi signifikan dalam efisiensi operasional dan kepuasan pengguna.