Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2423 (Softcopy SK-1905)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi Aksesibilitas dan Perbaikan Desain Antarmuka Web Kampus DesigMerdeka Kemendikbudristek bagi Penyandang Disabilitas Penglihatan, Buta Warna, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan User-centered n
Author Anne Aisyah Azka, Kesya Aurelya, Neiva Annur Syahistie;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject Penyandang Disabilitas Penglihatan, Buta Warna, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2423 (Softcopy SK-1905) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55682
ABSTRAK

Nama Mahasiswa 1 : Anne Aisyah Azka / Kesya Aurelya/Neiva Annur Syahistie Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Evaluasi Aksesibilitas dan Perbaikan Desain Antarmuka Web Kampus Merdeka Kemendikbudristek bagi Penyandang Disabilitas Penglihatan, Buta Warna, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan User-centered Design Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Pembimbing 2 : Dr.Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng. Penyandang disabilitas cenderung memiliki persepsi negatif tentang internet akibat kurangnya aksesibilitas web sehingga mereka merasa kesulitan bahkan terintimidasi oleh teknologi. Sayangnya, aksesibilitas web belum menjadi prioritas utama bagi mayoritas insitusi di Indonesia, terutama lembaga pemerintahan. Masih banyak situs web di Indonesia yang belum aksesibel, salah satunya adalah situs web Kampus Merdeka milik Kemendikbudristek. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aksesibilitas web Kampus Merdeka serta mengembangkan solusi desain antarmuka bagi penyandang disabilitas penglihatan, buta warna, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) berdasarkan Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.2. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) dengan dua iterasi dan menghasilkan clickable mockup pada setiap iterasinya. Berdasarkan kuesioner (n = 41) dan wawancara (n = 10), responden pada penelitian ini terdiri dari mahasiswa berstatus aktif yang merupakan penyandang disabilitas penglihatan (total dan parsial), buta warna (parsial), dan ADHD yang berasal dari empat belas perguruan tinggi yang berbeda. Hasil solusi desain pada setiap iterasi dievaluasi menggunakan system usability scale (SUS) untuk non-pengguna assistive technology (AT), accessible usability scale (AUS) untuk pengguna AT, dan usability testing (UT). Pada iterasi 1, skor SUS yang dihasilkan sebesar 74,04 (acceptable, good, grade B), skor AUS sebesar 65 (marginal, good, grade C), tingkat complete success sebesar 94,38% pada non-pengguna AT, dan 52,7% pada pengguna AT. Sementara itu, pada iterasi 2, skor SUS yang dihasilkan yaitu sebesar 80,77 (acceptable, excellent, grade A), skor AUS sebesar 63,93 (marginal, OK, grade C), tingkat complete success pada non-pengguna AT sebesar 100%, dan 16,67% pada pengguna AT. Rendahnya hasil evaluasi pada pengguna AT disebabkan oleh keterbatasan clickable mockup dalam mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan pengguna AT. Sementara itu, non-pengguna AT mengalami permasalahan yang lebih sedikit dibanding pengguna AT. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi faktor pendukung pengembangan situs web Kampus Merdeka yang lebih aksesibel. Kata kunci: Aksesibilitas; Disabilitas; Kampus Merdeka; User-centered Design (UCD); WCAG