Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2319 (Softcopy SK-1801) Source code 841
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan aplikasi web forum untuk mendukung strategi think-share
Author Atifah Nabila Al-qibityah/Kartika Dian Pratiwi/Najwa Kariza Anjelia;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject aplikasi web
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2319 (Softcopy SK-1801) Source code 841 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55019
ABSTRAK

Nama Penulis 1 / Program Studi : Atifah Nabilla Al Qibtiyah / Ilmu Komputer Nama Penulis 2 / Program Studi : Kartika Dian Pratiwi / Ilmu Komputer Nama Penulis 3 / Program Studi : Najwa Kariza Anjelia / Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Aplikasi Web Online Forum untuk Mendukung Strategi Think-Pair-Share Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom.,Ph.D. Pembimbing 2 : Dr. Baginda Anggun Nan Cenka, S.Kom., M.Kom. Tidak bisa dipungkiri bahwa passive learning merupakan masalah yang serius dalam budaya belajar yang ada di Indonesia. Kurangnya keaktifan dan antusiasme pelajar membuat interaksi dan dinamika pembelajaran menjadi berkurang. Hal ini berdampak buruk pada pemahaman pelajar beserta sulitnya para pengajar dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Masalah serupa juga didapatkan dari kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh tim penulis. Mayoritas sampel pengguna menyebutkan kurangnya keaktifan selama proses pembelajaran, rasa percaya diri yang rendah ketika ingin menyampaikan pendapat, serta kurangnya fokus pelajar atau partisipan pada suatu proses diskusi. Melalui pengkajian studi literatur, salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan collaborative learning menggunakan diskusi forum. Kegiatan ini mampu mendorong pelajar lebih aktif berinteraksi satu sama lain dan melakukan eksplorasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih terdapat keterbatasan sehingga diperlukan adanya suatu strategi pembelajaran dalam proses diskusi. Strategi pembelajaran yang telah terbukti adalah Think-Pair-Share. Penelitian ini memanfaatkan strategi tersebut untuk diintegrasikan di sebuah aplikasi website online forum yang setiap fiturnya merepresentasikan tahapan dari strategi Think-Pair-Share bernama ShareNReflect. Setelah melalui evaluasi berupa UT (usability testing), software testing, dan UAT (user acceptance test), ShareNReflect mampu memberikan performa yang bagus secara teknis dan mendapatkan respon positif dari para tester. Kata kunci: ShareNReflect, passive learning, collaborative learning, Think-Pair-Share, diskusi sinkronus, online forum, website application