Call Number | SK-2329 (Softcopy SK- 1811) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Pengaruh Perceived Value Brand Attachment, dan Kepuasan Terhadap Perilaku Pengguna Aplikasi F&B Berdasarkan Expectation-Confirmation Model |
Author | Alifiyah Nur Rochmah Ariandiri/Nadhira Rachma Salsabila Anandra/Shabrina Salsabila Kurniawan; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Perceived Value Brand Attachment |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2329 (Softcopy SK- 1811) | TERSEDIA |
Nama : Alifiyah Nur Rochmah Ariandri, Nadhira Rachma Salsabila Anandra, Shabrina Salsabila Kurniawan Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Perceived Value, Brand Attachment, dan Kepuasan Terhadap Perilaku Pengguna Aplikasi F&B Berdasarkan Expectation-Confirmation Model Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom. & Yekti Wirani, S.T., M.T.I. Aplikasi food and beverage (F&B) menjadi salah satu kategori aplikasi mobile dengan unduhan terbanyak, sehingga membuat brand makanan dan minuman mengembangkan aplikasi mereka sendiri. Namun, aplikasi tersebut menghadapi tantangan seperti rating dan minat penggunaan yang rendah serta churn rate yang tinggi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dimensi perceived value dan pengaruhnya terhadap kepuasan dan brand attachment, serta pengaruh dari kepuasan dan brand attachment terhadap luaran perilaku pengguna (behavioral outcomes) yaitu purchase intention, continuance intention, dan word of mouth intention dalam konteks aplikasi F&B. Pendekatan mixed-method digunakan dalam penelitian ini. Melalui analisis kualitatif dengan thematic analysis, ditemukan lima dimensi perceived value, yaitu functional value, emotional value, monetary value, epistemic value, dan conditional value. Temuan ini diintegrasikan dengan social influence, Expectation-Confirmation Model (ECM), serta brand attachment, dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) terhadap 728 pengguna aplikasi F&B. Hasil menunjukkan bahwa kelima dimensi perceived value memengaruhi kepuasan, dan hanya functional value yang tidak memengaruhi brand attachment. Dimensi-dimensi perceived value tersebut juga dipengaruhi oleh social influence dan confirmation, terkecuali untuk dimensi functional value yang tidak dipengaruhi oleh social influence. Ditemukan juga bahwa kepuasan dan brand attachment memengaruhi ketiga behavioral outcomes. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembang dan perusahaan di berbagai industri untuk meningkatkan kualitas aplikasi sehingga dapat mempertahankan pengguna dan meningkatkan penjualan melalui aplikasi tersebut. Kata kunci: Branded App, Aplikasi F&B, Perceived Value, Brand Attachment, Kepuasan, Expectation-Confirmation Model, Perilaku Pengguna, Purchase Intention, Continuance Intention, Word of Mouth Intention