Call Number | SK-2343 (Softcopy SK-1825) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Evaluasi Dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Neobank Mobile Banking Berdasarkan Usercentered Design Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna |
Author | MAGNOLIA FAYZA ZULKARY/MUHAMMAD HANNAN MASSIMO MADJID/ZACHRA SHAFIRA RAMADHANTY; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Desain Antarmuka Aplikasi |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2343 (Softcopy SK-1825) | TERSEDIA |
Nama Mahasiswa : Magnolia Fayza Zulkary, Muhammad Hannan Massimo Madjid, Zachra Shafira Ramadhanty Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Neobank Mobile Banking berdasarkan User-Centered Design untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna Pembimbing : Dr. Muhammad Rifki Shihab, B.B.A., M.Sc. Seiring dengan digitalisasi, bisnis perbankan beradaptasi dengan teknologi finansial untuk mempertahankan pasar dan memenuhi ekspektasi konsumen yang bergeser ke layanan digital. Salah satu aplikasi mobile banking yang menyediakan layanan digital dengan adopsi luas di Indonesia adalah Neobank Mobile Banking. Meskipun sudah memiliki 23 juta pengguna yang terus bertambah, aplikasi ini masih menerima penilaian yang kurang memuaskan dari penggunanya, sebagaimana diketahui melalui social listening pada platform X, App Store, dan Google Play Store. Dengan itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi, mengingat pentingnya peran mobile banking dalam perekonomian dan tingginya penggunaan layanan tersebut di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi user-centered design (UCD) sesuai dengan standar ISO 9241-210:2010 dan dilaksanakan dalam dua iterasi penuh. Iterasi pertama berfokus untuk memahami fitur yang ditawarkan aplikasi dari sisi pengguna. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan konteks penggunaan serta kebutuhan pengguna terhadap fitur yang sudah ada. Usability antarmuka aplikasi dievaluasi melalui usability testing (UT) dan kuesioner yang mencakup system usability scale (SUS), customer effort score (CES), dan customer satisfaction (CSAT). Evaluasi melibatkan 7 partisipan untuk UT dan 65 responden untuk kuesioner, yang hasilnya menunjukkan bahwa antarmuka aplikasi memerlukan perbaikan. Sementara itu, iterasi kedua bertujuan untuk mencari ide penambahan fitur atau perbaikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Wawancara juga dilaksanakan untuk menilai kembali ide-ide fitur dari iterasi pertama. Rekomendasi perbaikan antarmuka kemudian disusun sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dievaluasi dengan menggunakan instrumen yang sama seperti sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pada usability aplikasi, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai SUS dari 59,88 menjadi 82,77, penurunan nilai CES dari 3,05 menjadi 2,05, dan peningkatan nilai CSAT dari 55,38 menjadi 96,92. Kesimpulannya, redesain antarmuka pengguna aplikasi Neobank Mobile Banking berhasil meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian serupa terus dilakukan pada aplikasi mobile banking lainnya di Indonesia untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Kata kunci: Kegunaan, Neobank Mobile Banking, user-centered design, system usability scale, customer effort score, customer satisfaction, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna