Call Number | SK-2404 (Softcopy SK-1886) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Pembelian Berkelanjutan pada Shopee Live Streaming |
Author | Nur Wasi Na'wa; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Niat Pembelian Berkelanjutan |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2404 (Softcopy SK-1886) | TERSEDIA |
Nama : Nur Wasi Na'wa Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Pembelian Berkelanjutan pada Shopee Live Streaming Pembimbing : Fatimah Azzahro, S.Kom., M.Kom., M.Sc. Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. E-commerce memungkinkan transaksi jual beli online tanpa pertemuan langsung. Meskipun memiliki kelebihan, berbelanja online di e-commerce konvensional masih terbatas dalam deskripsi produk. Untuk mengatasi ini, Shopee menghadirkan inovasi live streaming shopping melalui fitur Shopee Live pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat pembelian berkelanjutan pada Shopee live streaming. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model dan menggabungkannya dengan konstruk Live Streaming Experience. Selain itu, penelitian ini juga memperhatikan tahapan Consumer Decision Process. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner online dan memperoleh 401 responden valid. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in live streaming, lalu sebagian konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in platform, untuk kemudian hal ini akan memengaruhi satisfaction dan continuance purchase intention pengguna. Penelitian ini juga memberikan implikasi secara teoretis untuk penelitian selanjutnya serta implikasi praktis untuk pengembang aplikasi Shopee dan host Shopee live streaming. Kata kunci: Consumer Decision Process, Continuance Purchase Intention, E-Commerce, ECM, Live Streaming Experience, Live Streaming Shopping, PLS-SEM