Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2425 (Softcopy SK-1907) Source code-864
Collection Type Skripsi
Title Perancangan Aplikasi Kuesioner Berbasis Web untuk Penilaian Antarmuka Aplikasi: Studi Kasus e-Learning dan Online Travel Agent
Author Assyifa Raudina, Lilis Safitri, Shabiqa Amani;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject Kuesioner Berbasis Web
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2425 (Softcopy SK-1907) Source code-864 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55699
ABSTRAK

Nama Mahasiswa : Assyifa Raudina, Lilis Safitri, Shabiqa Amani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perancangan Aplikasi Kuesioner Berbasis Web untuk Penilaian Antarmuka Aplikasi: Studi Kasus e-Learning dan Online Travel Agent Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Dr. Baginda Anggun Nan Cenka, S.Kom., M.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian desain antarmuka dalam bentuk aplikasi kuesioner online berbasis web dengan menggunakan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai landasan teorinya. Perancangan butir pertanyaan kuesioner dilakukan dengan melakukan evaluasi kuesioner yang telah dirancang oleh Irfani (2020) secara kualitatif melalui wawancara content validity kepada praktisi dan expert UI/UX serta face validity kepada target pengguna aplikasi. Pengembangan desain antarmuka aplikasi kuesioner dilakukan dengan metode User-Centered Design dan pengembangan sistem dilakukan dengan metode pendekatan Kanban. Aplikasi hasil pengembangan kemudian diterapkan pada penilaian aplikasi studi kasus e-Learning dan Online Travel Agent, dengan perolehan total sebanyak 339 responden. Hasil penilaian menunjukkan bahwa aplikasi pada kategori Online Travel Agent secara umum memperoleh skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi e-Learning. Selain itu, diperoleh serangkaian rekomendasi antarmuka untuk beberapa aplikasi pada masing-masing kategori berdasarkan titik kerendahan skor pada butir kuesioner. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi kuesioner Rule8 sebagai platform instrumen penilaian desain antarmuka dapat dijadikan tolak ukur performa desain antarmuka serta alat analisis titik kelemahan desain antarmuka suatu aplikasi. Kata kunci: Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design; User-Centered Design; Kanban; Online Travel Agent; e-Learning; Kuesioner Online