Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1948 (Softcopy KA-1935) MAK KA-1581
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pengguna Terhadap Aplikasi Uang Elektronik XYZ
Author Harry Leonardo Lumbanraja;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2025
Subject Mobile service quality
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1948 (Softcopy KA-1935) MAK KA-1581 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55935
ABSTRAK

Perkembangan uang elektronik semakin populer di kalangan masyarakat sebagai alat pembayaran yang praktis dan efisien. Kebijakan pemerintah berperan dalam mendorong peningkatan penggunaan dan penerbit uang elektronik di Indonesia. Aplikasi uang elektronik XYZ yang menjadi salah satu pemimpin pangsa pasar uang elektronik di Indonesia. Perusahaan dituntut untuk dapat lebih memperhatikan kualitas layanan yang diberikan terlebih jika melihat berbagai ulasan yang ditulis pada Google Play menunjukkan kekecewaan pengguna. Tim bisnis memiliki target MTU (Monthly Transacting Users) yang tidak pernah tercapai dalam periode enam bulan terakhir. Kondisi saat ini, perusahaan belum melakukan investigasi lebih lanjut terkait faktor faktor apa saja yang dapat meningkatkan MTU. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi loyalitas pengguna terhadap aplikasi uang elektronik XYZ. Loyalitas pengguna menjadi penting karena ditandai oleh pembelian berulang, ketahanan terhadap pengaruh negatif, mereferensikan kepada orang lain melalui offline maupun online yang sangat erat kaitannya terhadap peningkatan MTU. Teori kualitas layanan seluler digunakan dalam mengeksplorasi hubungannya terhadap security & privacy, customer satisfaction, customer trust hingga customer loyalty. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang dikumpulkan melalui kuesioner online dengan responden sebanyak 207 orang. Pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan tools SmartPLS v.4. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa kepuasan pengguna dipengaruhi secara kuat oleh kualitas layanan seluler dan kepercayaan pengguna. Loyalitas pengguna dipengaruhi secara moderat oleh kepuasan pengguna dan kepercayaan pengguna. Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam peningkatan MTU pada konteks aplikasi uang elektronik.