Call Number | KA-1948 (Softcopy KA-1935) MAK KA-1581 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pengguna Terhadap Aplikasi Uang Elektronik XYZ |
Author | Harry Leonardo Lumbanraja; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Mobile service quality |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1948 (Softcopy KA-1935) MAK KA-1581 | Indonesia | TERSEDIA |
Perkembangan uang elektronik semakin populer di kalangan masyarakat sebagai alat pembayaran yang praktis dan efisien. Kebijakan pemerintah berperan dalam mendorong peningkatan penggunaan dan penerbit uang elektronik di Indonesia. Aplikasi uang elektronik XYZ yang menjadi salah satu pemimpin pangsa pasar uang elektronik di Indonesia. Perusahaan dituntut untuk dapat lebih memperhatikan kualitas layanan yang diberikan terlebih jika melihat berbagai ulasan yang ditulis pada Google Play menunjukkan kekecewaan pengguna. Tim bisnis memiliki target MTU (Monthly Transacting Users) yang tidak pernah tercapai dalam periode enam bulan terakhir. Kondisi saat ini, perusahaan belum melakukan investigasi lebih lanjut terkait faktor faktor apa saja yang dapat meningkatkan MTU. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi loyalitas pengguna terhadap aplikasi uang elektronik XYZ. Loyalitas pengguna menjadi penting karena ditandai oleh pembelian berulang, ketahanan terhadap pengaruh negatif, mereferensikan kepada orang lain melalui offline maupun online yang sangat erat kaitannya terhadap peningkatan MTU. Teori kualitas layanan seluler digunakan dalam mengeksplorasi hubungannya terhadap security & privacy, customer satisfaction, customer trust hingga customer loyalty. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang dikumpulkan melalui kuesioner online dengan responden sebanyak 207 orang. Pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan tools SmartPLS v.4. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa kepuasan pengguna dipengaruhi secara kuat oleh kualitas layanan seluler dan kepercayaan pengguna. Loyalitas pengguna dipengaruhi secara moderat oleh kepuasan pengguna dan kepercayaan pengguna. Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam peningkatan MTU pada konteks aplikasi uang elektronik.