Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1958 (Softcopy KA-1944) MAK KA-1590
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Evaluasi Penggunaan dan Rekomendasi Perbaikan Omnichannel Management System pada PT Paragon Technology and Innovation
Author Ailsa Zayyan Salsabila Dp;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2025
Subject Usability evaluation
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1958 (Softcopy KA-1944) MAK KA-1590 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55954
ABSTRAK

Pada tahun 2023, pendapatan industri kecantikan dan kosmetik di Indonesia diperkirakan mencapai 28 triliun rupiah dan mayoritas konsumen melakukan transaksi pembelian produk kosmetik melalui platform e-commerce. PT Paragon Technology and Innovation (Paragon) sebagai market leader pada industri ini mengalami peningkatan pembelian produk melalui e-commerce sebesar 46% pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. PT Paragon mengembangkan sistem informasi Magpie yang digunakan untuk mengelola proses operasional e-commerce. Namun, dengan pertumbuhan bisnis yang pesat dan inisiatif komersialisasi sistem, Magpie dirasa belum dapat digunakan untuk mengelola operasional e-commerce dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi penggunaan sistem saat ini dan memberikan rekomendasi desain alternatif perbaikan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan mixed methods dengan menggunakan usability testing, wawancara, dan kuesioner SUS untuk menilai kegunaan sistem as-is dan contextual evaluation dan kuesioner SUS untuk menilai kegunaan desain alternatif perbaikan. Nilai usability Magpie yang didapatkan dari empat belas partisipan (sepuluh orang karyawan Paragon dan empat partisipan pengguna sistem serupa lainnya) saat ini masih berada pada kategori Poor dengan skor SUS ratarata 46,6, sehingga terdapat urgensi perbaikan. Perancangan rekomendasi desain perbaikan dilakukan berdasarkan umpan balik pengguna pada sesi usability testing dan wawancara dengan memperhatikan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil evaluasi desain perbaikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan skor SUS 77,5 yang sudah berada dalam klasifikasi Good. Desain alternatif perbaikan mengedepankan kemudahan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya, seperti perbaikan menu dan searchbar hingga perubahan konsep stock balancing menjadi centralized stock. Desain perbaikan mendapatkan banyak komentar positif, baik dari pengguna Magpie saat ini atau pun pengguna sistem lainnya yang serupa terkait kemudahan, desain antarmuka, dan pengalaman pengguna. Desain perbaikan yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan oleh PT Paragon untuk meningkatkan pengalaman pengguna.