Call Number | SK-2496 (Softcopy SK-1978) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Perbandingan dan Rrekomendasi Desain Microlearning Antarplatform Pembelajaran Digital : Udemi Khan Academy dan Edx |
Author | Aurelia Amanda Robert / Bintang Hari Pratama / Dzulfikar Rachman; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Instructional design, user interface design |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2496 (Softcopy SK-1978) | TERSEDIA |
Nama Penulis 1 / Program Studi : Aurelia Amanda Robert / Ilmu Komputer Nama Penulis 2 / Program Studi : Bintang Hari Pratama / Ilmu Komputer Nama Penulis 3 / Program Studi : Dzulfikar Rachman / Sistem Informasi Judul : Analisis Perbandingan dan Rekomendasi Desain Microlearning Antarplatform Pembelajaran Digital: Udemy, Khan Academy, dan edX Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Dr. Baginda Anggun Nan Cenka, S.Kom., M.Kom Kemudahan akses internet di Indonesia memperluas kesempatan masyarakat untuk mengakses informasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, dominasi konten singkat berdampak pada menurunnya kemampuan fokus pelajar. Microlearning hadir sebagai solusi pembelajaran digital yang sesuai dengan pola belajar instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi desain instruksional dan desain antarmuka untuk menyajikan microlearning yang efektif pada platform pembelajaran digital. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian mixed methods. Data kuantitatif dikumpulkan dari 103 responden kuesioner untuk mengetahui pengalaman pengguna saat menggunakan platform pembelajaran digital. Data kualitatif yang digunakan oleh penelitian ini berasal dari hasil observasi tiga platform pembelajaran digital, yaitu Udemy, Khan Academy, dan edX. Data kualitatif lainnya adalah data hasil wawancara dengan pakar desain instruksional dan data open-ended question. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi prinsip desain instruksional dan desain antarmuka yang efektif untuk menyajikan microlearning pada platform pembelajaran digital. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe untuk membantu melakukan visualisasi hasil rekomendasi prinsip desain yang telah dibuat. Wawancara kontekstual yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan prototipe yang menerapkan rekomendasi prinsip desain dapat meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembang platform pembelajaran digital agar bisa mengembangkan platform yang lebih efektif untuk menyajikan konten microlearning.