Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2578 (Softcopy SK-2060)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Continuance Intention Penggunaan Aplikasi Short Video sebagai Sumber Pencarian Informasi: Studi Kasus Informasi Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024 di TikTok
Author Abraham Javier Sebastian Situmorang/ Naila Azizah/ Wedens Elma Malau;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject Continuance Intention
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2578 (Softcopy SK-2060) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 56208
ABSTRAK

Nama: Abraham Javier Sebastian, Naila Azizah, Wedens Elma Malau
Program Studi: Sistem Informasi
Judul: Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Continuance Intention Penggunaan Aplikasi Short Video sebagai Sumber Pencarian Informasi: Studi Kasus Informasi Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024 di TikTok
Pembimbing: Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. / Fathia Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc.

Peningkatan popularitas aplikasi video pendek seperti TikTok telah mengubah cara pengguna, terutama kalangan muda, dalam mengakses informasi. Meskipun telah banyak studi yang membahas penggunaan TikTok untuk mencari informasi, masih sedikit yang secara spesifik mengeksplorasi konteks informasi politik. Padahal, informasi politik memiliki karakteristik yang unik karena bersifat dinamis, dapat memengaruhi keputusan publik, dan kerap menjadi sarana pembentukan opini. Adanya perhelatan Pemilihan Umum Presiden Indonesia (Pilpres) 2024 pun menjadi momen krusial dalam politik Indonesia, sehingga penting untuk memahami efektivitas TikTok sebagai media informasi dan mengeksplorasi bagaimana platform ini membentuk perilaku pencarian informasi politik pengguna secara berkelanjutan (continuance intention). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention pengguna dalam memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai sumber informasi Pilpres 2024 dengan mengadopsi teori technology affordance. Penelitian ini menggunakan pendekatan exploratory sequential mixed-method. Studi kualitatif dengan 12 pengguna TikTok yang dianalisis menggunakan grounded theory menghasilkan 6 dimensi technology affordance: Searching, recommending, metavoicing, livestreaming, hedonic, dan information. Dimensi ini kemudian diintegrasikan dengan 3 dimensi user experience: Social presence, immersion, dan credibility perception, serta satisfaction dan continuance intention, sehingga membentuk model teoritikal yang kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan PLS-SEM. Studi kuantitatif terhadap 702 pengguna TikTok di Indonesia menunjukkan bahwa keenam aspek technology affordance berkorelasi positif terhadap ketiga aspek user experience, dengan pengecualian bahwa searching dan recommending affordance terbukti berpengaruh negatif terhadap credibility perception, recommending affordance terbukti tidak signifikan dalam memengaruhi social presence, dan hedonic affordance terbukti tidak signifikan dalam memengaruhi credibility perception. Selain itu, ketiga aspek user experience berkorelasi positif dengan satisfaction dan satisfaction berkorelasi positif dengan continuance intention for information seeking. Penelitian ini berkontribusi dalam mengintegrasikan technology affordance dan user experience TikTok dalam konteks informasi politik serta dapat menjadi wawasan untuk memahami perilaku pengguna dalam mencari dan mengonsumsi informasi politik melalui aplikasi video pendek.