Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-0473 (Softkopi KP-16 + Source code)
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Pengembangan customized webmail (Webmail yang disesuaikan untuk Universitas Indonesia
Author Riani, Bianca;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2004
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-0473 (Softkopi KP-16 + Source code) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 7681
Kelompok Jaringan Komputer adalah salah satu kelompok tenaga teknis yang merupakan bagian dari Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer Universitas Indonesia (UPT Puskom UI). Kelompok Jaringan Komputer memiliki tugas untuk memberikan pelayanan, di antaranya adalah pengelolaan layanan Jaringan Universitas Indonesia Terpadu (JUITA). Pengelolaan layanan jaringan JUITA meliputi pelayanan dalam hal komunikasi, salah satunya adalah layanan electronic mail (e-mail). Layanan ini difasilitasi dengan adanya aplikasi webmail yang dapat diakses oleh pengguna JUITA dari mana saja. Permasalahan yang saat ini dihadapi adalah, webmail yang ada saat ini tidak bisa dicustomize sesuai dengan kebutuhan pengelola dan pengguna JUITA. Permasalahan- permasalahan lainnya adalah, pemilihan mail server masih dilakukan secara manual, proses otentikasi yang dilakukan tidak terintegrasi dengan account.ui.ac.id yang terdapat pada LDAP server, serta belum digunakannya domain yang sesuai sebagai identitas pengguna yang berupa alamat e-mail. Kerja praktek dengan topik “Pengembangan Customized Webmail (Webmail yang Disesuaikan) untuk Universitas Indonesia” ini memiliki tujuan untuk mengembangkan webmail yang bisa di-costumize sesuai dengan kondisi di Universitas Indonesia, yaitu kebutuhan pengelola dan pengguna fasilitas JUITA. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall model / linear sequential model. Perancangan sistem dilakukan dengan menerapkan konsep objectoriented dengan menggunakan bahasa pemodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil dari kerja praktek ini adalah sistem webmail yang lebih mengakomodir kebutuhan pengelola dan pengguna JUITA. Hal ini dicapai dengan proses pemilihan mail server secara otomatis oleh sistem dan proses otentikasi ke LDAP server. Pengambilan informasi lain dari pengguna juga dilakukan dengan mengakses LDAP server. Sistem webmail ini memiliki beberapa fungsi utama yang umum terdapat pada suatu webmail. Fungsi utama yang terdapat pada sistem antara lain membaca e-mail, membuat e-mail baru (compose), membalas e-mail (reply dan forward), menghapus email (delete), memodifikasi folder yang ada (create new, rename dan delete), memodifikasi address book (add, edit dan delete), serta menambahkan signature di akhir e-mail. Untuk pengembangan selanjutnya, maka bisa ditambahkan fitur- fitur lain yang belum diimplementasikan pada sistem ini, diantaranya adalah implementasi filter dan modifikasinya, fasilitas search dengan konsep information retrieval system, fitur antispamming serta fitur antivirus. Dengan demikian diharapkan fungsi webmail menjadi lebih lengkap, sehingga UPT Puskom UI dapat mengoptimalkan pelayanannya kepada pengguna layanan JUITA.
Favorite
A Process Control Approach to Cyber Attack Detection
Author: | Publisher: New York, NY : The Association for Computing Machinery
[Remove]
Formalisasi dan verifikasi protokol komunikasi/ Evita M. Sibarani
Author: Evita Marlinang Sibarani; | Publisher: Depok: Fasilkom UI, 1997
[Remove]
Perancangan sistem informasi akuntansi perhitungan harga pokok produksi pada perusahaan manufaktur ( hal. D-70/D-77 )
Author: Lianawati Christian dan Renny Susanti dan Dina Astomi; | Publisher: Prosiding nasional aplikasi teknologi informasi 2010 Yogyakarta 19 Juni 2010 (SNATI)
[Remove]
Understanding business 12th ed.
Author: Nickels, William G.; | Publisher: New York, NY: McGraw-Hill , 2019
[Remove]
Competitive strategy: techniques for analyzing industries and competitors
Author: Porter, Michael E.; | Publisher: London : The Free Press, 1980
[Remove]
Designing large scale web sites: a visual design methodology
Author: Sano, Darrell; | Publisher: New York John Wiley
[Remove]
Analisis dan desain data warehouse pada pengembangan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah(E-Goverment Procurement) ( hal. C-1/C-7 )
Author: Eka Miranda, Julisar; | Publisher: Prosiding nasional aplikasi teknologi informasi 2010 Yogyakarta 19 Juni 2010 (SNATI)
[Remove]
Pengembangan aplikasi masjid tracker untuk perangkat mobile berbasis platfrom android
Author: Niken Fitria Apriani; | Publisher: Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2013
[Remove]