Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-0845 (Softkopi KP-0412) (SCKP-0270)
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Revenue assurance system (RAS) PT Bakrie Telecom, Tbk
Author Albert Kurniawan;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2007
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-0845 (Softkopi KP-0412) (SCKP-0270) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 20803
PT Bakrie Telecom, Tbk. merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang telekomunikasi dengan menawarkan layanan telekomunikasi dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) kepada masyarakat Indonesia. Salah satu produk andalan yang dihasilkan PT Bakrie Telecom, Tbk. adalah Esia. Esia merupakan operator penyedia layanan telekomunikasi telepon selular dan SMS (Short Message Service). Pada saat ini pengguna produk Esia di masyarakat semakin berkembang. Namun perkembangan itu diikuti pula dengan perkembangan kejahatan atau penipuan (fraud) di dunia telekomunikasi telepon selular. Contoh fraud yang sangat mungkin terjadi adalah Directory Number (DN) Cloning Fraud, SMS Fraud, Suspicious Fraud, Long Duration Fraud, Loyalty Fraud, Automatic Unknown DN Fraud, serta Realtime Credit Limit Post Paid Fraud. Sebenarnya PT Bakrie Telecom, Tbk. telah memiliki sistem untuk mengantisipasi, mendeteksi, maupun mengatasi fraud yang mungkin terjadi tersebut. Sistem tersebut diberi nama FMS (Fraud Management System). Namun keberadaan FMS tersebut dinilai masih memliliki kerterbatasan untuk dapat mengatasi fraud secara optimal. Maka dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan sistem pengantisipasi, pendeteksi, maupun penanggulangan fraud yang optimal, yang tak lain tujuan akhirnya adalah untuk menjamin pemasukan (revenue) bagi perusahaan, dibuatlah sebuah sistem yang dinamakan RAS (Revenue Assurance System) yang merupakan pengembangan dari FMS yang telah ada sebelumnya. Selain membahas ketujuh fraud tersebut, pada laporan kerja praktik kali ini juga dibahas mengenai proses optimasi basis data serta pembuatan laporan rekapitulasi semua proses pendeteksian fraud yang dalam bentuk Statistic Volume CDR. Laporan kerja praktik ini mencakup semua kegiatan yang dilakukan penulis selama proses kerja praktik, dimulai dari proses analisis