Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1528 (Softcopy SK-1010)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Pengaruh Faktor pada Vlog Terhadap Pembelian Secara Impulsif menggunakan Stimulus Organism Response Model
Author Andhika Pradipta Dhaneswara;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2017
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1528 (Softcopy SK-1010) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 44962
ABSTRAK Nama : Adhika Pradipta Dhaneswara Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Faktor pada Vlog Terhadap Pembelian Secara Impulsif menggunakan Stimulus Organism Response Model Meningkatnya popularitas vlog di YouTube memberikan peluang baru bagi ritel dan vloggers untuk mempengaruhi keputusan pembelian secara impulsif pengguna YouTube. Pembelian impulsif adalah keputusan pembelian secara tibatiba dan tidak terencana yang terjadi karena adanya stimulus. Sebuah vlog menyajikan banyak stimulus yang dapat mempengaruhi pembelian impulsive pengguna. Berdasarkan penelitian sebelumnya, interaksi parasosial yang berkembang antara vlogger dan pengguna mampu mempengaruhi pembelian impulsif pengguna. Namun, stimulus dari aspek vlog itu sendiri belum pernah diteliti sebelumnya. Studi ini mencoba untuk menentukan faktor vlog mana yang bertindak sebagai stimulus dan akan mendorong pembelian secara impulsif. Penulis membagi vlog menjadi tiga aspek yaitu vlogger related factors, task related factors, dan mood related factors. Setiap faktor ini akan diolah secara psikologis oleh seorang individu dimana proses psikologis ini diwakili dengan faktor-faktor yaitu perceived enjoyment, perceived usefulness, dan parasocial interaction yang akan menentukan keputusan pembelian secara impulsif. Pengembangan model ini mengadaptasi stimulus organism response model untuk menggambarkan pembelian impuls di lingkungan vlog. Sebanyak 1084 data yang dianalisis menunjukkan bahwa pembelian secara impulsif dipengaruhi oleh parasocial interaction dan perceived usefulness. Dalam penelitian ini, parasocial interaction sangat dipengaruhi oleh attitude homophily yang terjadi terhadap vlogger. Perceived usefulness dalam penelitian ini sangat dipengaruhi oleh faktor informativeness. Kata Kunci: Parasocial interaction, task related