Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1849 (Softcopy) SK-1331
Collection Type Skripsi
Title Analisis intensi adopsi E-Commerce oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Status Quo Bias
Author Mohammad Wildan Yanuar;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonsia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1849 (Softcopy) SK-1331 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48695
ABSTRAK Nama : Mohammad Wildan Yanuar Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Analisis Intensi Adopsi E-Commerce Oleh Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dengan Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Status Quo Bias Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar H. S.Kom., M.Kom. dan Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus. Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar terhadap kegiatan usaha 90% pelaku UMKM. Padahal UMKM memiliki kontribusi sebesar 61,1% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dalam menangani hal tersebut pemerintah mendorong UMKM untuk menggunakan e-commerce. Namun tingkat adopsi e-commerce di Indonesia tergolong masih rendah. Oleh karena itu, perlu diketahui intensi adopsi ecommerce oleh UMKM. Penelitian sebelumnya mengenai hal ini belum melihat dari sisi alasan pelaku UMKM yang bertahan menggunakan toko fisik. Penelitian sebelumnya juga hanya menggunakan penilaian dari para ahli dan belum melakukan penelitian tersebut secara langsung terhadap pelaku UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis sikap pelaku UMKM terhadap e-commerce melalui faktor pendorong menggunakan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan faktor penghambat menggunakan teori Status Quo Bias yang mempengaruhi seorang pengusaha UMKM dalam mengadopsi e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei dan didapatkan sebanyak 317 pengusaha yang diolah menggunakan metode covariance-based structural equation modelling. Hasil dari penelitian ini adalah faktor performance expectancy dan facilitating condition menjadi faktor yang mendorong seseorang dalam mengadopsi e-commerce. Sedangkan faktor transition cost dan technology anxiety menjadi faktor yang menghambat seseorang dalam mengadopsi e-commerce. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap dari pelaku UMKM juga mempengaruhi sebagian besar dari intensi adopsi e-commerce. Kata kunci: Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Status Quo Bias, Adopsi e-commerce, UMKM