Tidak ada review pada koleksi ini: 51559
ABSTRAK
Nama : Muhammad Akbar Syahputra Adha, Syabib Ash-Shiddiqi
Program Studi : Sistem Informasi, Ilmu Komputer
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Dosen dalam Menggunakan
Learning Management System: Studi Kasus Universitas Indonesia
Pembimbing : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc. (Hons), S.H., M.Bus.
Learning Management System (LMS) digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran
daring maupun luring, contohnya sebagai media penyimpanan materi, media penyebaran
informasi, ataupun media untuk menempatkan link yang dapat diakses mahasiswa untuk
mengikuti sesi kelas sinkronus. Salah satu faktor yang menjadi indikasi keberhasilan atau
kegagalan penggunaan LMS adalah kepuasan penggunanya. Dosen merupakan salah satu
pemegang peran kunci dalam inovasi yang terjadi pada suatu proses pembelajaran, termasuk
LMS. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor yang memengaruhi kepuasan
dosen dalam menggunakan LMS. Penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu penelitian
dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Bagian kuantitatif akan dilakukan
menggunakan model Task-Technology Fit (TTF) dan Technology-to-Performance Chain
(TPC) yang dimodifikasi. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode
PLS-SEM. Bagian kualitatif dari penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama
adalah pertanyaan open-ended yang ada pada kuesioner yang sama dengan bagian kuantitatif.
Lalu tahap kedua dilakukan dengan cara wawancara secara langsung. Thematic analysis
dilakukan terhadap data kualitatif yang didapatkan agar mendapatkan gambaran apa saja
faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan LMS dengan lebih
mendalam. Hasil dari bagian kuantitatif dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang
memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu individual characteristics,
TTF, performance impact, dan utilization. Sementara itu, thematic analysis pada bagian
kualitatif dari penelitian ini menghasilkan 4 tema yang memengaruhi kepuasan dosen dalam
menggunakan LMS, yaitu system attributes, individual characteristics, university support,
dan performance impact.
Kata kunci:
Learning Management System, E-Learning, Task-Technology Fit, User Satisfaction, Lecturer,
PLS-SEM, Thematic Analysis, Mixed Metho