Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2225 (Softcopy SK-1707)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Dosen dalam Menggunakan Learning Management System: Studi Kasus Universitas Indonesia
Author Muhammad Akbar Syahputra Adha;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2225 (Softcopy SK-1707) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51559
ABSTRAK Nama : Muhammad Akbar Syahputra Adha, Syabib Ash-Shiddiqi Program Studi : Sistem Informasi, Ilmu Komputer Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Dosen dalam Menggunakan Learning Management System: Studi Kasus Universitas Indonesia Pembimbing : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc. (Hons), S.H., M.Bus. Learning Management System (LMS) digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran daring maupun luring, contohnya sebagai media penyimpanan materi, media penyebaran informasi, ataupun media untuk menempatkan link yang dapat diakses mahasiswa untuk mengikuti sesi kelas sinkronus. Salah satu faktor yang menjadi indikasi keberhasilan atau kegagalan penggunaan LMS adalah kepuasan penggunanya. Dosen merupakan salah satu pemegang peran kunci dalam inovasi yang terjadi pada suatu proses pembelajaran, termasuk LMS. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS. Penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Bagian kuantitatif akan dilakukan menggunakan model Task-Technology Fit (TTF) dan Technology-to-Performance Chain (TPC) yang dimodifikasi. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM. Bagian kualitatif dari penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah pertanyaan open-ended yang ada pada kuesioner yang sama dengan bagian kuantitatif. Lalu tahap kedua dilakukan dengan cara wawancara secara langsung. Thematic analysis dilakukan terhadap data kualitatif yang didapatkan agar mendapatkan gambaran apa saja faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan LMS dengan lebih mendalam. Hasil dari bagian kuantitatif dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu individual characteristics, TTF, performance impact, dan utilization. Sementara itu, thematic analysis pada bagian kualitatif dari penelitian ini menghasilkan 4 tema yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu system attributes, individual characteristics, university support, dan performance impact. Kata kunci: Learning Management System, E-Learning, Task-Technology Fit, User Satisfaction, Lecturer, PLS-SEM, Thematic Analysis, Mixed Metho