Tidak ada review pada koleksi ini: 54611
Nama : Luthmilla Sari Bhaskara, Melati Eka Putri, Rafa Aurielle
Adinda Diorra
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Commerce Pendukung
Pembelian Produk Sustainable Fashion
Pembimbing : Imairi Eitiveni, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Konsep sustainable fashion, yakni pembuatan dan penggunaan produk fesyen yang
mengutamakan keberlanjutan produk dan aspek lingkungan, penting untuk
diterapkan karena permasalahan lingkungan yang secara signifikan diakibatkan
oleh perkembangan industri fesyen. Di Indonesia, penerapan konsep ini mulai
populer di sisi penjualannya, tetapi tidak di sisi pembeliannya. Sehingga diperlukan
dorongan dan dukungan lebih agar masyarakat Indonesia dapat mengadopsi konsep
ini dalam perilaku konsumsi produk fesyen. Di era transformasi pasar Indonesia,
platform e-commerce memiliki peluang besar dalam mendorong perilaku
pembelian produk sustainable fashion. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat
model teoretis terkait faktor-faktor yang memengaruhi niat seseorang dalam
membeli produk sustainable fashion melalui aplikasi e-commerce serta untuk
membuat rancangan antarmuka aplikasi yang dapat mendukung perilaku tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan design science research yang terdiri
dari: (1) pengidentifikasian masalah secara kuantitatif dan kualitatif dengan
melibatkan teori NAM, TAM, dan TRA; (2) perumusan solusi dari hasil analisis
data; (3) perancangan high-fidelity prototype aplikasi; (4) pendemonstrasian
skenario penggunaan aplikasi; (5) evaluasi rancangan aplikasi dengan UT dan SUS;
serta (6) penarikan kesimpulan dan saran penelitian. Secara singkat, penelitian ini
menunjukkan bahwa perceived enjoyment, attitude, awareness of consequences,
ascription of responsibility, personal norm, dan subjective norm memengaruhi
intention to purchase yang mana akan memengaruhi actual purchase. Akan tetapi,
perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk tidak memiliki
pengaruh terhadap intention to purchase. Dari temuan dan implikasi penelitian ini,
diharapkan adanya perluasan wawasan terkait perilaku pembelian produk
sustainable fashion masyarakat Indonesia serta dapat merekomendasikan
rancangan aplikasi e-commerce yang dapat dijadikan acuan untuk mendukung
perilaku tersebut.
Kata Kunci:
Sustainable Fashion, E-Commerce, Design Science Research, Norm Activation
Model, Technology Acceptance Model, Theory of Reasoned Action.