Call Number | KP-3845 |
Collection Type | Kerja Praktek (KP) |
Title | Analisis dan Pengelolaan Virtual Product Bukalapak |
Author | Amira Nisrina Nashita; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | e-commerce |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KP-3845 | TERSEDIA |
Nama : Amira Nisrina Nashita Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis dan Pengelolaan Virtual Product Bukalapak Pembimbing : Ichlasul Affan, M.Kom. PT Bukalapak Tbk adalah perusahaan teknologi yang menyediakan platform e-commerce untuk mempertemukan pembeli dan penjual, dengan misi untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Saat ini, Bukalapak telah mengimplementasikan inisiatif bisnis Online-to-Offline (O2O) melalui produk virtual sebagai upaya untuk memperluas ekosistemnya, dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang dapat diakses secara digital namun tetap mendukung transaksi yang dilakukan secara fisik. Meskipun Bukalapak telah sukses dengan inisiatif tersebut, masih terdapat tantangan dalam hal pengelolaan dan pengembangan platform untuk mendukung transaksi produk virtual secara lebih efisien dan terintegrasi. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan pada platformServerMitra dan ServerX yang difokuskan untuk meningkatkan kinerja dan skalabilitas transaksi virtual product bagi para pelaku bisnis, serta menyediakan solusi yang lebih lengkap dan fleksibel bagi mitra bisnis Bukalapak. Dalam pengembangan ini, berbagai teknologi digunakan untuk memastikan sistem berjalan secara optimal, di antaranya Jira untuk manajemen proyek dan pelacakan masalah, Postman untuk pengujian API, BigQuery untuk pengolahan data dalam skala besar, dan Looker untuk analisis data dan visualisasi hasil. Dengan menggunakan teknologi ini, pengembangan diharapkan dapat menciptakan solusi yang lebih terintegrasi dan mendukung efisiensi operasional di platform B2B dan B2B marketplace. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan peningkatan kinerja pada platform, dengan adanya kemudahan akses dan transaksi yang lebih cepat, serta peningkatan kepuasan pengguna di kalangan mitra bisnis. Inovasi ini juga membuka peluang bagi Bukalapak untuk memperluas pasar dan meningkatkan kontribusi bagi ekosistem digital di Indonesia.